Penyerang Persebaya Surabaya Ricky Kayame menyumbangkan satu gol dalam drama tujuh gol pada laga klasik melawan Persib Bandung di Stadion Gelora Bung Tomo, Kamis (26/7) malam. Pada pertandingan tunda ini, Persebaya takluk 3-4 dari Persib. (Satrio Wicaksono for Persebaya)
Fulltime: Persebaya Surabaya 3-4 Persib Bandung
Drama Tujuh Gol, Persebaya Takluk Dari Persib

PUTARAN pertama Liga 1 GO-JEK 2018 telah berakhir. Persebaya Surabaya menutup paro pertama dengan kekalahan pada laga klasik eks klub Perserikatan. Persebaya harus mengakui ketangguhan Persib Bandung dengan skor 3-4 di Stadion Gelora Bung Tomo, Kamis (26/7) malam WIB.

Persebaya tertinggal dua gol dari Persib lewat aksi bek gaeknya, Supardi Natsir. Tertinggal dua membuat Persebaya meningkatkan intensitas serangan. Hanya saja, setiap peluang Persebaya yang tercipta tidak mampu dikonversi menjadi gol.

Di babak kedua ini, Persib lebih dulu memberikan tekanan kepada Persebaya. Mereka tidak memberi kesempatan Persebaya untuk bisa mengembangkan permainan. Bahkan, Persib mencetak gol ketiganya di laga ini pada menit ke-53. Adalah Ghozali Siregar yang membawa bola dari depan kotak penalti Persebaya, ia lewati hadangan dua pemain dan langsung tembakkan bola ke sisi kiri tanpa bisa dihentikan oleh Miswar Saputra.

Tertinggal tiga gol, Persebaya terus meningkatkan variasi serangannya. Ricky Kayame, Fandi Eko Utomo dan David Aparecido da Silva menjadi motor serangan Persebaya. Buktinya, Ricky Kayame memperkecil kedudukan lewat sontekannya menerima umpan canti dari Robertino Gabriel Pugliara di menit 57.

Sempat menerima serangan dari Persib, Persebaya kembali memperkecil jarak menjadi 2-3. Kali ini giliran Fandi Eko Utomo yang mencatatkan Namanya di papan skor. Sundulannya menerima umpan Robertino Pugliara tidak bisa dihentikan M. Natshir di menit 64.

Persebaya menambah agresfitas di lini depan dengan menarik keluar Muhammad Hidayat untuk digantikan oleh Yohanes Ferinando Pahabol. Permainan menyerang Persebaya menjadi lebih tajam. Tim pujaan Bonek ini mampu menekan pertahanan Persib. Salah satunya melalui sundulan Fandry Imbiri dalam situasi sepak pojok. Sayang, bola terlalu lebar dari sasaran.

Di sepuluh menit tersisa, Persib coba membangun serangan dari Supardi namun bola bisa dibuang keluar oleh lini pertahanan Persebaya. Tapi, bola liar mendarat di kaki Ghozali Siregar. Tanpa kawalan, sepakan keras kaki kanannya membuat bola bersarang di gawang Miswar Saputra untuk kali keempat di laga ini.

Tertinggal dua gol membuat Persebaya menambah serangan. Hasilnya, Persebaya mampu memperkecil kedudukan pada menit ke-88. Sundulan dari David Aparecido da Silva memanfaatkan umpan sepak pojok Misbakus Solikin yang tidak bisa dihentikan oleh M. Natshir. Gol ini membuat Persebaya lebih bersemangat untuk menyamakan kedudukan. Sayang, hingga laga bubaran skor 3-4 tidak berubah. (*)

BERITA LAINNYA