Suasana Jumpa Pers Persebaya Surabaya vs PSMS Medan
Preview Laga Persebaya Surabaya vs PSMS Medan
Sarat Gengsi, Saling Waspada

Persebaya Surabaya melakoni matchday ke-16 GO-JEK Liga 1 2018 menjamu PSMS Medan di Stadion Gelora Bung Tomo, Rabu (18/7) malam WIB. Mengamankan tiga angka bakal membuat Persebaya melejit ke papan tengah klasemen sementara. Bertandang ke Kota Pahlawan, PSMS Medan baru saja mendepak Djajang Nurdjaman. Tak butuh waktu lama, skuat berjuluk Ayam Kinantan itu memiliki nahkoda baru, yakni Peter Butler. Tapi, Peter belum memiliki izin sah dari PT Liga Indonesia Baru (LIB), operator kompetisi.

Alhasil, PSMS akan ditukangi asisten pelatih Suharto AD. Meskipun demikian, pelatih Persebaya, Angel Alfredo Vera, tetap mewaspadai runner up Liga 2 2017 itu. “Kami siap untuk pertandingan besok. Pernah main lawan PSMS, selalu sangat ketat. Tidak mudah,” ujar pelatih asal Argentina ini. Hal senada disampaikan Muhammad Hidayat yang mendampingi Alfredo dalam jumpa pers. Pemain asal Bontang ini siap tampil seratus persen. Dia menyatakan sudah tidak merasakan trauma jika menghadapi tim dengan karakter keras.

“Dari saya sendiri, buat lebih ke mental lagi. Saya harus lebih percaya diri lagi. Yang pasti, kami tetap harus optimis. Tentu kalau sudah masuk lapangan, saya pasti maksimal,” ungkap pemain berposisi gelandang bertahan ini.

 

Duel Ketiga Dengan PSMS

 

Ini adalah pertemuan ketiga Persebaya dengan PSMS dalam kurun waktu tidak lama. Sebelumnya, kedua tim sudah bersua di final Liga 2 musim lalu, tepatnya 28 November 2018. Saat itu, Persebaya sukses mengangkangi PSMS dengan skor 3-2 via drama 120 menit di Stadion Gelora Bandung Lautan Api (GBLA). Keduanya juga bertemu babak delapan besar turnamen pramusim, Piala Presiden 2018.

 

Pada pertemuan terakhir itu, Bajul Ijo harus mengakui ketangguhan PSMS lewat adu penalti dengan skor 4-3. Dua tim ini bermain imbang 3-3 selama waktu normal 2x45 menit di Stadion Manahan, Solo, 3 Februari lalu. “Skuad PSMS yang sekarang, masih ada pemain yang di Liga 2 kemarin. Tidak banyak sepertinya. Yang jelas, kami sudah siap 100 persen lawan PSMS. Target kami poin penuh, apalagi main di kandang sendiri,” tutur Hidayat.

 

Peluang Tampil Dua Pemain Baru

 

Dua rekrutan anyar Persebaya, Onorionde Kughegbe John atau akrabnya, OK John dan Raphael Guillermo Eduardo Maitimo sudah bergabung dengan rekan-rekannya. Dua pemain naturalisasi tersebut melahap sesi latihan di Stadion Gelora Bung Tomo, Senin (16/7) sore. Sebagai antisipasi, Alfredo sempat menjajal Ruben Sanadi di posisi stopper. Langkah ini diambil Alfredo sembari melihat kondisi Otavio Dutra. “Saya belum bisa bicara banyak. Kita lihat dulu kondisi Dutra hari ini, kemarin latihan. Kalau dia siap, bisa turun. Untuk OK John lihat lagi,” jelasnya.

 

Di posisi gelandang, ungkap Alfredo, dia belum memutuskan komposisi pemain. Menurutnya, di sektor tengah ada Misbakus Solikin, Robertino Pugliara, Muhammad Hidayat hingga Raphael Maitimo. “Kami selalu ada evaluasi setiap latihan. Saya sudah bicara dengan pemain soal kondisi mereka,” jelas mantan pelatih Persipra Jayapura ini. “Saya belum pikirkan siapa yang main. Gelandang ada Solikin, Robertino, Hidayat, Maitimo. Yang jelas Hidayat main,” tegasnya.

 

PSMS Anggap Duel Prestige

Dua tim jebolan era Perserikatan ini sejatinya saling mengalahkan. Tak salah jika akhirnya kubu PSMS menilai pertandingan ini sarat gengsi. “Sejak dulu, kita saling mengalahkan. Saya kira ini pertandingan penuh prestige bagi PSMS,” jelas Suharto AD, asisten pelatih PSMS. “Dari dulu kita sama-sama tidak mau kalah, tidak mau mengalah di lapangan hijau,” imbuhnya.*

 

 

BERITA LAINNYA