Selebrasi gol Irfan Jaya saat Persebaya menang 3-2 atas Madura United di Stadion Gelora Bangkalan, 2 Desember 2019 lalu. Delapan gol dipersembahkan pemain asli Bantaeng, Sulawesi Selatan, itu untuk Persebaya pada kompetisi Shopee Liga 1 2019. (Persebaya)
Update Skuad Pemain Persebaya Jelang Musim 2020
29, 22, 96, 12, 8, dan 41, Tetap Hijau

Skuad juara Liga 2 2017 akan terus mewarnai tim Persebaya tahun ini. Rendi Irwan (nomor 12), Oktafianus Fernando (8), M. Syaifuddin (29), Abu Rizal Maulana (22), Irfan Jaya (41), dan M. Hidayat (96), keenam pemain itu dipastikan akan kembali memperkuat Persebaya musim 2020.

Keenam pemain itu telah menjadi bagian penting Persebaya saat menjadi juara Liga 2 2017, finis kelima Liga 1 2018, dan menjadi runner-up Shopee Liga 1 2019. Tahun ini, Pelatih Kepala Aji Santoso meyakini mereka akan kembali menjadi kekuatan kunci Green Force.

Rendi yang di awal musim lalu kurang mendapatkan kesempatan, penampilannya tiba-tiba menonjol sejalan dengan kedatangan Coach Aji pada sembilan laga terakhir Persebaya. Pemain jebolan kompetisi internal Persebaya itu menjadi sosok penting dalam rekor tak terkalahkan Persebaya dalam sembilan laga terakhir musim 2019.

”Rendi memiliki penguasaan bola yang sangat bagus, salah satu yang terbaik di Indonesia saya rasa,” kata Aji tentang kelebihan Rendi. ”Ada beberapa hal yang harus ditingkatkan Rendi untuk musim 2020, tapi saya yakin dia bisa memenuhi ekspektasi kami,” imbuhnya.

Ekspresi kegembiraan Rendi Irwan dan Abu Rizal Maulana setelah Persebaya mencetak gol ketiga ke gawang Madura United di Stadion Gelora Bangkalan, 2 Desember 2019 lalu. Saat itu, umpan dari Rendi berhasil dikonversi Irfan Jaya menjadi gol penentu kemenangan. (Persebaya)

Abu Rizal alias Rodeg pun menunjukkan peningkatan performa yang luar biasa saat Persebaya dibesut Aji. Pemain asli Madura itu lebih tangguh mengawal sisi kanan pertahanan Persebaya. Salah satu penampilan luar biasanya adalah saat mengantarkan Persebaya mengalahkan Arema FC dan Persija. Bahkan, saat melawan Persija, Rodeg-lah kreator gol kedua Persebaya yang dicetak Diogo Campos.

”Ada banyak masukan dan kritikan dari Coach Aji terhadap penampilan saya. Itu membuat penampilan saya lebih baik. Saya juga bisa bermain lebih nyaman,” jelas Rodeg.

Lantas bagaimana Irfan? Sempat diminati banyak ke klub lain, Irfan akhirnya tetap hijau. Pemain asli Bantaeng, Sulawesi Selatan, itu yakin bisa mencapai karir terbaiknya bersama Persebaya. Musim ini pun, dia bisa mendapatkan panggilan timnas bersama Persebaya.

”Musim 2019 sebenarnya saya pribadi punya target bisa mencetak sepuluh gol. Namun, cedera dalam laga lawan PSIS membuat penampilan saya menurun dalam beberapa pertandingan berikutnya,” jelasnya. ”Saya bertekad untuk lebih baik tahun depan, kaki saya sudah tidak ada masalah,” imbuh pencetak delapan gol untuk Persebaya di musim 2019 itu.

Per hari ini, total Persebaya sudah mengumumkan sembilan pemain yang akan menjadi anggota skuad musim 2020. Rendi, Oktafianus, Syaifuddin, Abu Rizal, Irfan, Hidayat, David da Silva, Aryn Williams, dan Hansamu Yama. Pemain-pemain lain akan segera diumumkan ketika finalisasi legal mereka selesai. (*)

BERITA LAINNYA