Green Force berlatih ringan di salah satu lapangan futsal terbesar di Balikpapan. Kondisi rileks dan nyaman diperlukan untuk persiapan menghadapi Mitra Kukar, Minggu (29/4). (Satrio Wicaksono for Persebaya)
Alfredo: Kondisi Tim Sangat Baik Jelang Bentrok Lawan Mitra Kukar
Latihan Futsal Bikin Rileks

Pelatih Persebaya Surabaya, Angel Alfredo Vera berusaha menciptakan kondisi senyaman mungkin di dalam tim. Rendi Irwan dan kawan kawan lantas diajak oleh pria asal Argentina itu untuk berlatih ringan di salah satu lapangan futsal terbesar di Balikpapan, Jumat (27/4) pagi selama 90 menit. Semua pemain terlihat menikmati latihan yang cukup menguras keringat itu.

Setelah menjalani pemanasan berupa streching dan joging ringan keliling lapangan, penggawa Green Force, julukan Persebaya, kemudian melakukan latihan kombinasi passing jauh dan dekat secara zig-zag yang disusul dengan latihan shooting. Nah, untuk latihan terakhir berupa shooting tersebut, Miswar Saputra dan Reky Rahayu, dua kiper yang diboyong ke Kalimantan, terlihat sangat menikmatinya.

"Hari ini kami latihan pemulihan di lapangan futsal, karena disini (Balikpapan,red) tidak gampang temukan lapangan yang bagus," kata Alfredo setelah latihan. "Tapi, semua pemain sangat menikmati latihan tadi, itu yang sangat penting bagi tim ini. Karena, dengan kondisi tim yang rileks, mereka juga bisa bermain maksimal," tandasnya.

Dalam latihan futsal tersebut, Alfredo sengaja membagi skuad besutannya menjadi empat tim kecil dengan masing masing tim terdiri dari lima pemain. Mereka lantas melakukan sparing. Alfredo dan sang penerjemah, Esteban Busto pun ikut dalam turnamen mini yang gayeng namun sedikit diwarnai tensi tinggi itu.

Gelandang bertahan Nelson Alom dan bek kanan Abu Rizal Maulana yang sebelumnya mengalami masalah kebugaran pun, sudah terlihat larut dalam latihan tersebut. "Kondisi semua pemain sangat baik. Tapi, saya masih menunggu kondisi Nelson hingga latihan terakhir besok, begitu juga dengan Rizal. Semoga mereka sudah kembali fit," harap pelatih berusia 45 tahun itu.

Dalam perkembangan yang sama, striker Persebaya asal Brasil, David Da Silva mengakui bahwa, program latihan futsal tersebut cukup efektif. Apalagi, ada turnamen kecil kecilan antara mereka yang memaksa semua pemain bisa mengeluarkan kemampuan individunya. David dan Feri Pahabol misalnya, yang beberapa kali sukses mengolong bola di bawah selangkangan para pemain, langsung mengundang gelak tawa dan tepuk tangan. Semua gayeng.

"Latihan hari ini bagus untuk kami pemulihan. Dan, menurut saya ini bagus bagi tim sebagai persiapan kami menghadapi Mitra Kukar. Apalagi, kami punya waktu yang cukup untuk istirahat setelah latihan ini," ujar pemain yang sudah mencetak lima gol bersama Persebaya itu. "Kondisi tim sangat bagus, dan para pemain sangat kompak, saya semakin percaya diri bersama tim ini," tegasnya.

Setelah latihan tersebut, para pemain kemudian mempersiapkan diri untuk Sholat Jumat sebelum melanjutkan perjalanan darat selama empat jam dari Balikpapan menuju Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur. Persebaya akan dijamu Mitra Kukar dalam pekan ke enam GO-JEK Liga 1 di Stadion Aji Imbut, Tenggarong pada Minggu (29/4). (*)

 

Foto-foto: Satrio Wicaksono for Persebaya.

BERITA LAINNYA