Stopper Persebaya Arif Satria (kanan) berduel dengan Ni Bibola Guy, pemain Bhayangkara FC, pada lanjutan Piala Gubernur Jatim 2020 di Stadion Gelora Bangkalan sore tadi. Pada laga tadi, Persebaya harus takluk 0-1 dari Bhayangkara. (Persebaya)
After Match Press Conference Bhayangkara FC vs Persebaya

Aji: Kami Kurang Beruntung

Rekor tidak pernah kalah Persebaya sejak ditangani Aji Santoso akhirnya terpatahkan. Sore tadi, di Stadion Gelora Bangkalan, Bajol Ijo kalah 0-1 dari Bhayangkara FC. Itu sekaligus menjadi kekalahan perdana Persebaya di ajang Piala Gubernur Jawa Timur 2020.

Meski kalah, Aji menyatakan pemainnya sudah bermain sesuai instruksi dan game plan yang telah disusun. Permainan satu dua sentuhan dan cepat diperagakan Rachmat Irianto dkk.

”Secara keseluruhan tidak ada masalah dengan permainan tim, hanya saja pertandingan kali ini tidak berpihak ke Persebaya,” terang Aji dalam sesi konferensi pers.

Persebaya memang tampil menekan sejak peluit tanda dimulainya pertandingan dibunyikan. Duet David da Silva dan Patrich Wanggai di lini depan sempat merepotkan lini belakang Bhayangkara FC. Formasi 4-4-2 yang dijajal Aji berhasil menekan pertahanan Bhayangkara.

Bahkan pada awal babak kedua, tembakan Muhammad Hidayat gagal diantisipasi penjaga gawang Bhayangkara. Namun, mistar gawang menggagalkan peluang tersebut menjadi gol.

Puncaknya, pada menit ke-67 Hambali Tholib dijatuhkan di kotak penalti Bhayangkar. Wasit Yudi Nurcahya pun menunjuk titik putih. Sayang, Makan Konate yang maju sebagai eksekutor gagal mengkonversinya menjadi gol.

Aji tidak terlalu mempermasalahkan kegagalan tersebut. Menurutnya siapa pun pernah gagal mengeksekusi penalti. ”Saya tidak menyalahkan Konate. Ini bukan sesuatu yang wah, semua pemain bisa mengalaminya (gagal eksekusi penalti),” katanya.

Pelatih yang berposisi sebagai wing back semasa bermain tersebut juga menolak jika mental disebut mental pemainnya jatuh karena gagal eksekusi penalti. ”Sebenarnya mental pemain tidak down, bahkan anak-anak bermain cukup bagus, hanya saja kita memang gagal mencetak gol,” paparnya.

Kekalahan melawan Bhayangkara tentu saja akan memberikan pelajaran bagi Aji dan pasukannya. Aji bersama Rachmat Irianto dkk sudah begitu lama tidak kalah. Bahkan, Liga 1 musim lalu, Aji membawa Persebaya tak terkalahkan sejak dia bergabung. Hasil yang membuat Persebaya finis di peringkat kedua klasemen akhir. (*)

BERITA LAINNYA