Kapten tim Persebaya Ruben Karel Sanadi memotivasi kiper Miswar Saputra sebelum eksekusi penalti pada laga melawan PSM Makassar di Stadion Batakan, Balikpapan, Kalimantan Timur (14/11) kemarin. Bisikan Ruben cukup manjur dalam dua laga terakhir Shopee Liga 1 2019 dimana Persebaya diganjar hukuman penalti. (Persebaya)
Bisikan Kapten dan Keberhasilan Kiper-kiper Persebaya Tepis Penalti

Ruben: Ada Peran Tuhan dan Kepercayaan Diri

Dalam dua laga terakhir Shopee Liga 1 2019, Persebaya diganjar hukuman penalti. Namun, dua kiper Persebaya yang diturunkan mampu tampil apik. Imam Arief Fadillah dan Miswar Saputra sukses menggagalkan peluang lawan Persebaya meraih poin penuh.

Penepis penalti yang pertama adalah Imam Arief. Dimana ia menjalani debut musim ini ketika menghadapi Tira Persikabo (9/11). Imam Arief menahan tendangan penalti Osas Saha di menit ke-80. Akhirnya, skuad Bajol Ijo mampu meraih satu poin dari away Bogor.

Dan penepis tendangan 12 pas selanjutnya adalah Miswar Saputra kala bersua seteru klasik, PSM Makassar (14/11). Miswar dengan brilian mampu mengagalkan penalti Marc Klok di menit ke-88. Persebaya pun meraih tiga angka setelah melalui tujuh laga tanpa kemenangan.

Banyak orang mengatakan ada andil kapten tim Persebaya, Ruben Karel Sanadi dalam keberhasilan dua kiper tersebut menepis tendangan penalti. Memang, sebelum eksekusi penalti dilakukan, ia terlihat mendatangi kiper lalu membisikan sesuatu. Ruben Sanadi melakukannya ke Imam Arief dan juga Miswar.

“Sebenarnya saya cuma bilang agar mereka percaya diri dan yakin. Dan pasti pertolongan Tuhan akan datang. Makanya saya terus memotivasi teman-teman untuk percaya diri,” ungkap Ruben.

Tak hanya penampilan ciamik dua kiper tersebut. Sebelumnya ada Abdul Rohim yang juga menepis penalti saat Persebaya ditahan imbang Tira Persikabo pada perhelatan Piala Presiden 2019 lalu. Melihat stok tiga kiper Persebaya cukup berkualitas diharapkan raihan ini mampu dipertahankan bahkan ditingkatkan.

Lebih lanjut Ruben mengaku bersyukur Persebaya akhirnya berhasil meraih tiga angka. Kemenangan penting untuk mengangkat mental tim kebanggaan Bonek dan Bonita di fase krusial kompetisi.

“Kami bersyukur dengan kemenangan kemarin. Kami juga melalui pertandingan yang cukup berat tanpa satu pun pemain cedera. Saya apresiasi perjuangan teman-teman. Kami persembahkan untuk suporter Persebaya, Bonek dan Bonita, doakan dan dukung kami untuk mengakhiri kompetisi dengan baik,” tegas Ruben. (*)

BERITA LAINNYA