Sontekan Irfan Jaya (41) berhasil menembus gawang PSM Makassar meski sempat dihalangi Aaron Michael Evans (2) pada pertandingan di Stadion Andi Mattalatta, Mattoangin, malam ini. Skor 1-1 tersaji di babak pertama laga Persebaya menantang tuan rumah PSM. (Persebaya)
Halftime Shopee Liga 1 2019: PSM Makassar 1-1 Persebaya

Serangan Balik Persebaya Imbangi PSM

Trio penyerang Persebaya menjadi ancaman bagi PSM Makassar pada lanjutan Shopee Liga 1 2019. Amido Balde, Manuchehr Jalilov dan Irfan Jaya menjadi momok bagi pertahanan PSM pada babak pertama di Stadion Andi Mattalatta, Mattoangin, malam ini. Ketiganya untuk sementara membuat Persebaya menahan imbang PSM dengan skor 1-1.

Belum lima menit pertandingan bergulir, Persebaya lebih dulu memberi ancaman pertama ke gawang PSM. Sayang tandukan dari Irfan Jaya menyambut umpan silang Novan Setya Sasongko masih melebar dari gawang PSM yang dikawal Hilman Syah. Sementara PSM melepaskan tembakan terarah pertama melalui kaki Marc Anthony Klok. Tetapi bola bisa diamankan dengan apik oleh Miswar Saputra, kiper Persebaya.

Persebaya memilih bermain menunggu dan berharap bisa mendapatkan celah untuk melancarkan serangan balik cepat. Kecepatan dari Irfan Jaya dan Amido Balde mampu merepotkan pertahanan Juku Eja, julukan PSM. Tetapi belum mampu membuat Persebaya mencetak gol.

Sayang, gawang Persebaya bergetar melalui sundulan Nke Ondoua Guy Junior memanfaatkan umpan Willem Jan Pluim di dalam kotak penalti pada menit ke-18. Dalam kondisi tertinggal, Ribuan Bonek dan Bonita yang hadir langsung tetap menyanyikan chant dukungan untuk Otavio Dutra dkk. Persebaya pun mulai menemukan ritme permainan.

Satu peluang diperoleh Bajol Ijo pada menit ke-28. Umpan silang Damian Lizio dari sektor kanan PSM gagal disambut oleh Amido Balde yang sudah melompat. Bola lantas ditanduk oleh Mokhamad Syaifuddin. Sayang bola masih melambung tinggi diatas gawang Hilman Syah. Lima menit kemudian Hilman Syah kembali menyelamatkan gawang PSM dari tembakan Manuchehr Jalilov di luar kotak penalti.

Persebaya akhirnya mampu menyamakan kedudukan pada menit ke-41. Berawal dari umpan Amido Balde yang disambut dengan kontrol dada Manuchehr Jalilov yang diteruskan dengan umpan pendek di dalam kotak penalti. Meski mendapat kawalan, Irfan Jaya mampu menyontek bola ke gawang PSM yang dikawal Hilman Syah. Skor 1-1 menjadi hasil dari babak pertama. (*)

BERITA LAINNYA