Aksi menawan gelandang serang Manuchehr Jalilov (tengah) saat dihadang pesepakbola Persinga Ngawi Muhammad Rifaldi (8) pada babak 32 besar Piala Indonesia di Stadion Gelora Bung Tomo sore tadi (16/2). Di pertandingan ini Persebaya menang 8-0 atas Persinga. (Satrio Wicaksono for Persebaya)
Persebaya Tak Demam Panggung
Menang Besar, Djanur Puji Kerja Keras dan Karakter Pemain

Lama tak bermain tidak membuat skuad Persebaya demam panggung. Mereka tampil dominan dan menang telak 8-0 saat menghadapi Persinga Ngawi pada babak 32 besar Piala Indonesia. Tak sekadar menang besar, sikap dan kerja keras skuad Green Force di Stadion Gelora Bung Tomo sore tadi (16/2) memuaskan Djadjang Nurdjaman.

Pesta gol Persebaya ke gawang Persinga dipersembahkan Amido Balde (1', 23', 48', 61'), Irfan Jaya (13', 70'), Manuchehr Jalilov (79'), dan Rendi Irwan di penghujung pertandingan. Djanur mengapresiasi performa pemainnya yang penuh determinasi selama 90 menit.

“Biasanya sudah lama tidak tampil harus meraba-raba lagi. Tapi, Alhamdulillah, saya sangat mengapresiasi kinerja pemain semua yang turun hari ini. Walaupun sudah lama tidak tampil di depan pendukung sendiri, mereka tidak menunjukkan tanda-tanda ada nervous atau demam panggung,” jelas Djanur dalam sesi jumpa pers setelah pertandingan.

Winger Persebaya Irfan Jaya (kiri) mendampingi pelatih Djadjang Nurdjaman dalam sesi jumpa pers usai pertandingan melawan Persinga Ngawi di Stadion Gelora Bung Tomo sore tadi (16/2). (Persebaya)

Meski demikian, pelatih asal Majalengka itu menilai jika Ruben Sanadi dkk masih memiliki ruang untuk berkembang lebih baik lagi. Sejumlah kekurangan dalam penampilan sore ini bakal diperbaiki.

Ketika disinggung empat gol dari Amido Balde, Djanur menyatakan jika mantan pemain timnas Portugal U-20 itu sebenarnya belum dalam kondisi terbaiknya. Menurutnya, Amido Balde memiliki kemampuan untuk menjadi striker mumpuni bagi Persebaya. “Dia sampai hari ini, belum fit 100 persen. Makanya dia cuma bermain sepanjang 70 menit. Saya kira Amido Balde punya kemampuan kalau kondisi fisiknya sudah prima,” tegas Djanur.

Sementara itu, pencipta dua gol Persebaya, Irfan Jaya, bersyukur bisa memenangkan pertandingan hari ini. Dia lantas mengingatkan agar tidak cepat puas dan fokus melawan Persidago Gorontalo. “Saya sangat bersyukur bisa mencetak dua gol, hasil kerjasama dengan teman-teman baru dan lama, kami bisa kompak. Tetapi jangan puas dulu karena masih ada babak 16 besar,” katanya.

Persebaya akan menghadapi Persidago Gorontalo pada leg pertama babak 16 besar Piala Indonesia pada Selasa nanti (19/2). Tim akan berangkat hari Senin. (*)

BERITA LAINNYA