Gelandang serang Persebaya Damian Lizio dihadang pesepakbola Persela Lamongan Artur Sena (bawah) dan Ahmad Subaja Bassid pada laga uji coba di Stadion Gelora Bung Tomo tadi malam (11/5). Pertandingan bertajuk Jogo Suroboyo Game ini dimenangi Persebaya dengan skor 2-1. (Persebaya)
Evaluasi Uji Coba Persebaya melawan Persela
Skema 3-4-3 Menjanjikan untuk Liga 1

Persebaya berhasil menang 2-1 atas Persela dalam Jogo Suroboyo Game di Stadion Gelora Bung Tomo malam ini (11/5). Kemenangan patut disyukuri, namun yang paling penting adalah pelajaran yang bisa diambil dalam laga yang disaksikan sekitar 25 ribu penonton itu.

Dua gol Persebaya diciptakan oleh Otavio Dutra pada menit ke delapan dan Damian Lizio pada menit ke-45. Sementara, satu gol Persela dicetak Alex Goncalves pada menit ke-46. Kemenangan Persebaya itu diraih saat pelatih Djadjang Nurdjaman menjajal formasi maupun komposisi pemain baru.

Gelandang bertahan Persebaya Muhammad Hidayat melewati tekling pemain Persela Lamongan Delvin Rumbino saat uji coba bertajuk Jogo Suroboyo Game di Stadion Gelora Bung Tomo tadi malam (11/5). (Persebaya)

Pada babak pertama, saat bajol Ijo mencetak dua gol, Djanur menurunkan skema 3-4-3. Pemain yang diturunkan pun berbeda dari biasanya. Rachmat Irianto, Alwi Slamat, dan Abu Rizal Maulana diturunkan sebagai starter. Posisi kiper juga diberikan kepada Imam Arief yang selama ini belum mendapatkan kesempatan bermain.

”Ada harapan dengan skema baru ini. Menyerang dan dan bertahan sudah seimbang,” kata Djanur seusai pertandingan. ”Namun, masih ada yang harus dibenahi, sisa waktu yang ada akan kami maksimalkan,” lanjutnya.

Salah satu catatan Djanur adalah finishing yang masih belum sempurna. Ada sejumlah peluang emas yang tidak mampu dimaksimalkan menjadi gol.

”Program pemusatan latihan di Bali sangat singkat, fokus ke perubahan skema. Kami belum menyentuh materi penyelesaian akhir,” ungkapnya.

Secara umum, Djanur puas dengan uji coba melawan Persela Lamongan. Pemain-pemain yang selama latihan dan pemusatan latihan menunjukkan penampilan yang menjanjikan, benar-benar diuji dalam pertandingan yang disaksikan puluhan ribu penonton.

Itu akan menjadi bekal positif menjelang laga perdana Persebaya melawan Bali United pada 16 Mei mendatang. Ruben Sanadi dkk akan away ke Bali, sebelum menjalani home perdana pada laga kedua melawan Kalteng Putra. (*)

BERITA LAINNYA