Bek tengah Persebaya Otavio Dutra mendapat pelukan dari Amido Balde usai membobol gawang Madura United kemarin malam (6/4). Otavio Dutra sukses membangun chemistry kuat dengan Damian Lizio. (Persebaya)
Dibalik Kemenangan Persebaya Atas Madura United
Ikrar Dutra dan Lizio Sebelum Pertandingan

Otavio Dutra menjadi salah satu bintang kemenangan Persebaya 3-2 atas Madura United kemarin (6/4). Pemain yang akan segera menjadi WNI itu mencetak satu gol dan satu assist. Membangkitkan mental juang Green Force, lalu mengamankan kemenangan.

Ternyata, ada satu ”ikrar” Dutra sebelum pertandingan. Bersama legiun asing Persebaya, Damian Lizio. Yang membuat keduanya tampil ngosek sepanjang pertandingan.

”Lizio bilang pada saya, kita harus menang melawan Madura,” kata Dutra. ”Saya jawab: Oke, kita harus mengantarkan Persebaya mengalahkan mereka di kandang,” lanjutnya.

Gol perdana Persebaya yang dicetak Dutra berawal dari assist Lizio melalui tendangan penjuru. Tandukan Dutra dengan sempurna memotong umpan Lizio sebelum diantisipasi kiper M. Ridho.

”Terima kasih Tuhan. Semua ini karena kekuatan dari Tuhan,” ucap Dutra yang sebelum kick off begitu khusyuk berdoa di ruang ganti.

Lizio menjadi salah satu pemain paling dekat dengan Dutra. Karena tidak bisa berbahasa Indonesia, juga hanya bisa sedikit bahasa Inggris, Dutra selalu menjadi penerjemah bagi Lizio. Untuk mengartikan semua instruksi Djadjang Nurdjaman. Dutra juga yang menjadi penerjemah komunikasi pemain lain dengan Lizio.

Lizio sendiri sudah meyakini bisa menang lawan Madura United dan lolos ke final. Itu setelah dia menyaksikan rekaman pertandingan tim besutan Dejan Antonic melawan Persela Lamongan pada babak delapan besar.

Dari rekaman pertandingan itu dia mempelajari celah-celah permainan Laskar Sappe Kerab. Dan semuanya bisa diimplementasikan di lapangan. Persebaya pun menang!

Untuk pertandingan final melawan Arema FC, Dutra meyakini Persebaya bisa menampilkan yang terbaik. ”Kita tidak boleh besar kepala dengan kemenangan atas Madura United. Yang terpenting adalah kita berjuang dan menampilkan yang terbaik,” tutup Dutra. (*)

BERITA LAINNYA