Azrul Ananda (dua dari kanan) berfoto bersama Iqbal Pratama, Brylian Aldama, Ernando Ari, dan Vito Rendi pada acara Meet The President, siang tadi (6/1). (Persebaya)
Pemain Junior Persebaya Akan Belajar ke Eropa
Brylian dkk Tidak Sabar Berangkat ke Inggris

Rembug manajemen Persebaya dengan Bonek siang tadi (6/1) tidak hanya mendiskusikan soal Persebaya di Liga 1 musim 2019. Beberapa pemain muda bertalenta juga diperkenalkan sebagai milik Persebaya pada kesempatan tersebut. Mereka adalah Brylian Aldama, Ernando Ari, Vito Rendi, dan Iqbal Pratama. 

Perkenalan keempat pemain ini bukan tanpa alasan. Tiga dari mereka mendapat kesempatan emas untuk menimba ilmu di Inggris lewat kerja sama PSSI dan FA. Sekembali dari Inggris, mereka akan dimagangkan bahkan dimainkan di tim senior Persebaya di Liga 1 2019.

Pemain-pemain tersebut sejatinya telah membela Persebaya pada gelaran Elite Pro Academy U-16 2018. Dari kompetisi tersebut disaring 24 pemain berkualitas guna dikirim ke Inggris selama empat bulan untuk berlatih. 

Catatan hebat lainnya, mereka adalah bintang-bintang muda timnas U-16. Ernando adalah kiper yang mengantarkan Tim Merah Putih menjadi juara AFF U-16. Dia menjadi pahlawan dengan menggagalkan eksekusi penalti pemain Thailand di babak final. Brylian juga menjadi bagian timnas juara itu di posisi gelandang.

Ketiga pemain tersebut mengaku sangat senang dengan kesempatan yang di dapatkan, tidak terkecuali Brylian Aldama. "Senang sekali bisa mendapatkan tawaran belajar di Eropa, gak sabar ingin segera berangkat," katanya.

Dirinya berharap dengan pengalaman berlatih di Inggris bisa memperkaya pengetahuan dan skill bermain bolanya. "Meski sudah pernah keluar negeri dengan Timnas tapi tetap saja ke Eropa pasti akan jadi pengalaman tersendiri," imbuhnya. "Terlebih lagi katanya disana sedang musim dingin, jadi kita pasti akan banyak beradaptasi dengan cuaca," tutup pemain bernomor punggung 68 tersebut.

Ernando Ari juga mengaku sangat antusias dengan program ini. Namun, dirinya tidak lantas melupakan tugasnya sebagai pelajar. "Alhamdulillah saya bersekolah di sekolah khusus atlit, jadi soal ijin jauh lebih mudah," kata penjaga gawang Persebaya U-16 ini. "Tapi nanti disana kita tetap mengikuti ujian sekolah, soal tesnya akan dikirim ke Kedutaan di sana," aku Nando.

Hal senada juga diutarakan Vito Rendi. Menurutnya tidak ada yang lebih membahagiakan daripada membawa harum nama keluarga dan Persebaya. "Saya sangat bahagia terpilih untuk berangkat ke Inggris, karena bisa mengangkat nama keluarga dan Persebaya," kata Vito. 

Berbeda dengan Ernando dan Brylian, ini adalah kali pertama Vito ke luar negeri. Dirinya berjanji tidak akan menyia-nyiakan kesempatan berharga ini. "Bakal banyak adaptasi pastinya, tapi demi masa depan saya akan berusaha untuk mengambil banyak ilmu selama di sana," tutupnya

Satu pemain lagi Iqbal Pratama sejatinya juga terdaftar dalam program tersebut. Namun, dirinya hanya masuk di daftar tunggu atau waiting list.

Presiden klub Persebaya, Azrul Ananda sangat mengapresiasi prestasi yang diraih pemain Bajol Ijo Cilik. Dirinya berpesan agar pemain-pemainnya memanfaatkan dengan betul kesempatan emas ini. "Saya tahu tidak mudah untuk bisa terpilih dan berangkat ke sana, jadi saya harap jangan sia-siakan kesempatan ini," kata Azrul. Rencananya pemain yang terpilih akan berangkat pada tanggal 18 Januari 2019. Rencananya mereka akan berlatih di Inggris hingga empat bulan ke depan. (*)

BERITA LAINNYA