Miswar Saputra mencetak satu assist yang dikonversi menjadi gol oleh David Da Silva pada kemenangan Persebaya dengan skor 4-1 di Stadion Gelora Bung Tomo tadi malam (22/9). Dia memiliki akurasi tendangan jauh setelah menangkap bola. (Satrio Wicaksono for Persebaya)
Penampilan Cemerlang dari Bawah Mistar

Assist Miswar Runtuhkan Mental Mitra

Kekhawatiran Mitra Kukar bisa menyamakan itu muncul. Ketika Hendra Bayauw mencetak gol dari tendangan jarak jauh pada menit ke-55. Ketika itu, Persebaya bermain 10 orang, setelah bek andalan Fandry Imbiri mendapatkan kartu merah.

Namun, tiga menit berselang, pada menit ke-58, David Da Silva melakukan aksi kill the game. Melewati pemain belakang Mitra sekaligus kiper Yoo Jaehoon, pemain asal Brazil itu menceploskan gol keempat Persebaya. 4-1.

Adalah kiper Miswar Saputra kreator dari gol keempat Persebaya itu. Umpan lambungnya dari kotak penalti, pas jatuh di area kesukaan Da Silva. Gocek kiri, gocek kanan, gawang Mitra pun jebol.

Assist dari Miswar itu terbilang luar biasa. Itu adalah assist kedua yang diciptakan kiper di GO-JEK Liga 1 musim ini. Assist pertama dari seorang penjaga gawang dibukukan oleh Shahar Ginanjar.

Aksi gemilang Shahar itu dia tampilkan ketika dia masih membela PSM Makassar. Kini dia berseragam Persija. Sepakan keras Shahar dari gawang berhasil dikonversi oleh Ferdinand Sinaga menjadi gol saat melawan Barito Putera pada 16 April lalu.

Kiper Persebaya Miswar Saputra menghalau bola dari sergapan pemain Mitra Kukar Fernando Rodriguez Ortega dan Mauricio Aparecido Leal pada laga di Stadion Gelora Bung Tomo tadi malam (22/9). Persebaya menang 4-1 atas Mitra Kukar di pertandingan itu. (Satrio Wicaksono for Persebaya)

Bisa mencetak gol ketika bermain dengan sepuluh pemain, membuat kepercayaan diri pemain Persebaya naik. Organisasi pertahanan digalang O.K. John dkk dengan sangat baik. Miswar juga melakukan beberapa kali aksi intersep dan save yang membuat barisan depan Mitra mati kutu.

Penampilan impresif Miswar itu melanjutkan aksi gemilang yang dia lakukan dalam pertandingan melawan Sriwijaya FC pekan lalu. Saat itu kiper asal Aceh itu mencatat tujuh penyelamatan pada laga yang berakhir 3-3.

"Alhamdulillah kami dapat poin penuh di kandang sendiri. Ini berkat teman-teman juga yang bermain bagus tadi malam," ujar Miswar Saputra. "Kuncinya saya fokus sepanjang pertandingan. Apalagi, semua lini sangat membantu," imbuh kiper berusia 22 tahun itu.

Soal menjadi kiper kedua yang mencetak assist di Liga 1 musim ini, Miswar begitu bahagia. "Saat itu saya lihat momennya dia (David Da Silva) posisinya bagus, ya saya langsung long ke depan," jelas Miswar. "Semoga kedepannya bisa lebih baik lagi. Syukur-syukur bisa kasih assist lagi," tambahnya.

Sementara itu, pelatih kiper Persebaya Miftahul Hadi mengaku bersyukur dengan penampilan menawan Miswar Saputra. Dia memuji keputusan cepat yang diambil mantan kiper Persiraja Banda Aceh itu.

"Memang penampilan Miswar Saputra tadi malam bagus. Sejak awal memang saya anggap dia punya mentalitas yang bagus. Bukan hanya dari segi teknik, tapi juga secara mental. Dia juga sangat percaya diri. Yang terpenting tidak cepat puas," ucap Miftahul Hadi. (*)

Statistik Miswar Saputra vs Mitra Kukar :

Asisst: 1
Intercept: 5
Clearances: 4
Passing Accuracy: 57%
Save: 4

BERITA LAINNYA