Persebaya mendukung pendidikan para pemainnya lewat pemberian beasiswa untuk kuliah di Umsida (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo). Kesepakatan pun terjalin antara Manajer Persebaya U-19, Budi Dharma bersama Rektor Umsida, Drs Hidayatulloh, M.Si, sore tadi (30/8). (Persebaya)
Bareng Umsida, Persebaya Beri Beasiswa Kuliah Bagi Skuad U-19
Bangun Pemain Bola Yang Cendikiawan

Inovasi terus dilakukan oleh Persebaya Surabaya. Setelah sebelumnya memberi kesempatan pemusatan latihan di Australia, kali ini Persebaya U-19 akan mendapatkan beasiswa untuk kuliah di Umsida (Universitas Muhammadiyah Sidoarjo).

Hal itu terwujud dengan terjalinnya kesepakatan antara Persebaya dengan Umsida. Kesepakatan itu tertuang dalam MOU (Memorandum of Understanding) yang ditanda tangani di Kampus Umsida pada Kamis (30/8).

“Kami baru saja melakukan kerjasama dengan Persebaya dan menurut kami ini sangat bagus dan punya prospek kedepan bagi kedua bela pihak bahkan anak muda di dunia persepak bolaan,” kata Rektor Umsida, Drs Hidayatulloh, M.Si.

Kerjasama ini berawal dari niatan antara Persebaya dengan Umsida untuk membangun masa depan anak muda di Indonesia khususnya pesepak bola. ”Ini merupakan cita-cita dari Presiden Persebaya (Azrul Ananda), beliau berkata dalam sebuah kesempatan bahwa apakah mereka (Persebaya U-19) hanya untuk atlet saja, tentu tidak. Maka dari itu beliau bertekad untuk juga membangun sisi akademis dari penggawa Persebaya U-19,” kata Manajer Persebaya U-19, Budi Dharma.

Adapun kerjasama antara Persebaya dan Umsida merupakan beasiswa penuh bagi 12 penggawa Persebaya U-19 selama empat tahun. “Tidak semua pemain kami lulus SMA, jadi yang saat ini sudah lulus hanya 12 ini, sementara sisanya masih berstatus pelajar SMA,” tutur Budi menambahi.

Lalu bagaimana penggawa Persebaya U-19 menanggapi beasiswa ini ?. “Menurut saya sangat baik untuk perkembangan, Jadi disamping kami bermain bola kami juga dapat support di bidang akademik. Tentu saja saya bangga dan sangat senang menjadi bagian dari Persebaya Surabaya,” kata Kapten Persebaya, Rizky Afryan.

Rencananya, para penggawa Persebaya U-19 ini akan mulai menyandang gelar sebagai Mahasiswa per September nanti. Sebelumnya, salah satu penggawa senior Persebaya, Abu Rizal Maulana sukses meraih gelar sarjana di Universitas Negeri Surabaya. (*)

BERITA LAINNYA