Penyerang Persebaya U-16 Ragil Satrya Jati (79) saat meladeni PSM Makassar U-16, Senin kemarin (8/10). Tujuh pemain Bajul Ijo cilik berpeluang memperkuat Timnas Indonesia U-16 setelah dipanggil PSSI. (Persebaya)
Kurang Beruntung, Persebaya U-16 Kalah Tipis dari Persipura
Tujuh Penggawa Bajol Ijo Cilik Dipanggil Seleksi Timnas U-16

Tujuh penggawa Persebaya U-16 berpeluang memperkuat Timnas U-16. Itu setelah mereka bermain bagus selama membela Persebaya di Liga 1 U-16 2018. Para pemain tersebut adalah kiper Wahyu Aditya Alamsyah, kemudian Vito Rendy Ananda (bek), Ilham Akbar Prasetyo (bek), Alfian Putra (tengah) M Iqbal Pratama, M Akrom, serta Ragil Satrya Jati (depan).

M Yahya Hasan Alkatiri mengungkapkan, mereka terpilih setelah PSSI melakukan pantauan langsung saat Persebaya menjalani sejumlah laga sejak putaran pertama lalu. "Persebaya akan terus berkontribusi bagi negara lewat sepak bola. Kebetulan, mereka yang dipanggil untuk mengikuti seleksi di Timnas U-16 ini adalah pemain pemain terbaik di tim kami," ujar Yahya.

Pria asal Surabaya itu menambahkan, dari surat panggilan yang dilayangkan oleh federasi, ketujuh pemain tersebut mulai mengikuti seleksi di Jakarta mulai 17-20 Oktober. Mereka akan bersaing dengan 40 pemain lain yang berasal dari seluruh klub U-16 Liga 1 musim ini. Yahya optimistis para pemainnya tidak begitu kesulitan mengikuti tahap seleksi.

Penampilan apik Muhammad Iqbal Pratama (4), bek Persebaya U-16, membuatnya mendapat panggilan PSSI untuk memperkuat Timnas Indonesia U-16. (Persebaya)

Pertimbangannya, selain memiliki kualitas individu yang bagus, Yahya mengungkapkan bahwa para pemain Persebaya juga memiliki visi sepak bola moderen. "Intinya Persebaya masih memiliki banyak talenta bagus yang bisa memberikan kontribusi lebih bagi Timnas," kata Yahya. "Kami akan terus memunculkan talenta muda dari Persebaya," timpalnya.

Dalam lanjutan Liga 1 U-16, tim dengan julukan Bajol Ijo Cilik itu belum beruntung mengarungi pertandingan ketiga putaran kedua Grup 2. Tim besutan Yongki Kastanja itu kalah tipis 0-1 dari Persipura Jayapura. Padahal, Persebaya sudah bermain bagus dan menguasai jalannya laga. Gol semata wayang dalam laga itu dicetak oleh striker Ramai Melvin Rumakiek pada menit ke-53 atau tujuh menit sebelum laga usai. (*)

Hasil Pertandingan Grup C Seri II, Jumat (12/10)

Mitra Kukar 1-0 Borneo FC
PSM Makassar 2-0 Perseru Serui
Persipura Jayapura 1-0 Persebaya

BERITA LAINNYA