Presiden Persebaya, Azrul Ananda didampingi Istri dan pemain Oktafianus Fernando, Izaac Wanggai dan Miswar Saputra berfoto bersama Bonek SKJ 27 usai prosesi peletakan batu pertama (Persebaya)
Bonek Wani Berbagi
SKJ 27 Dirikan Panti Asuhan Bonek

Bonek terus berusaha menjadi lebih baik. Salah satunya yang dilakukan oleh komunitas Bonek Sukodono Jemundo 27 (SKJ 27). Komunitas yang memiliki basecamp di daerah Sidoarjo itu mendirikan Panti Asuhan Bonek.

Sejak beberapa tahun yang lalu, Bonek SKJ 27 telah lama aktif dibidang sosial. Banyak kegiatan sosial yang mereka lakukan.

“Selama Persebaya mati suri kami kerap mengunjungi panti asuhan dan berdoa bersama” Kata Eko, salah satu sesepuh Bonek SKJ 27. “Lalu saat Persebaya kembali dan bisa berlaga di Liga 1, kami percaya itu tidak terlepas dari bantuan doa anak-anak yatim-piatu” imbuhnya.

Saking seringnya Bonek SKJ 27 melakukan kunjungan ke panti asuhan, sampai akhirnya sebutan “Bonek Sobo Panti” melekat pada komunitas ini. Hingga akhirnya tercetus ide untuk mendirikan panti asuhan sendiri di daerah Cemeng Bakalan, Sidoarjo. Tujuannya adalah membantu secara langsung dan berkala anak-anak yatim-piatu di kawasan itu. “Kebetulan saya memiliki tanah wakaf dan saya berpikir kenapa Bonek tidak sekalian memiliki Panti Asuhan sendiri” kata Eko.

Pendirian Panti Asuhan Bonek ini menginspirasi banyak kalangan untuk men-support. Ini terbukti dari banyaknya donatur yang sudah masuk. “Alhamdulillah hingga hari ini sudah terkumpul lebih dari 50 juta rupiah dari sejumlah donatur baik yang berlatar belakang Bonek maupun masyarakat umum” terang Didik, pembina Bonek SKJ 27. “Mimpi kami nantinya komunitas kami juga berperan aktif dalam semua kegiatan sosial komunitas Bonek lainnya di luaran sana”

Peresmian Panti Asuhan Bonek juga dihadiri Presiden Klub Persebaya, Azrul Ananda, beberapa pemain Persebaya, perwakilan instansi pemerintahan setempat, dan puluhan Bonek maupun masyarakat sekitar. Azrul mendapat kehormatan untuk meletakkan batu pertama Panti Asuhan Bonek. “Ini pertama kali suporter sepak bola mendirikan panti asuhan bahkan mungkin pertama kali di dunia,” Kata Azrul.

Pada kesempatan itu, Azrul juga menyerahkan donasi untuk pembangunan Panti Asuhan Bonek. “Saya terharu dengan kegiatan mulia ini dan semoga dengan dibangunnya Panti Asuhan ini dapat menginspirasi seluruh Bonek untuk terus menjadi lebih baik lagi kedepannya” imbuhnya.

Penjaga gawang Persebaya, Miswar yang juga turut hadir dalam acara ini mengaku ikut bangga dengan pembangunan Panti Asuhan Bonek ini. “Saat mendengar ada pembangunan Panti Asuhan Bonek, teman-teman pemain Persebaya langsung berinisiatif mengumpulkan donasi. Memang tidak banyak, tapi semoga bisa membantu mewujudkan mimpi mulia ini” terang pemain asal Aceh ini. (*)

 

BERITA LAINNYA