Oktafianus Fernando beristirahat di sela sesi latihan Persebaya beberapa waktu lalu. Kini Ofan aktif menggeluti bisnis investasi tanah. (Persebaya)
Cara Pemain Bertahan di Masa Pandemi

Hansamu Jadi Inspirasi Ofan Investasi Tanah

Tertundanya kompetisi berdampak pada keluarnya surat keputusan PSSI yang mengatur pemotongan gaji pemain. Untuk menyiasati pendapatan yang menurun, banyak usaha dilakukan pemain. Oktafianus Fernando misalnya, sekarang dirinya sedang gemar berinvestasi.

Winger Persebaya tersebut memilih investasi aset sebagai sumber pendapatan baru. Lebih tepatnya aset tidak bergerak berupa tanah. Menurut Oktafianus, rekan setimnya Hansamu Yama adalah sosok yang menginspirasinya untuk berinvestasi. Meskipun dirinya juga mengaku belum bisa sehebat Yama dalam berinvestasi.

"Jujur saya terinspirasi Hansamu, dia kan hebat, investasinya banyak. Tanahnya banyak dimana-mana, saya jadi kepingin. Tapi ya saya belum sehebat dia, dia sudah banyak, saya masih di daerah Surabaya barat dan sekitarnya saja," bebernya.

Pria yang akrab disapa Ofan tersebut juga menjelaskan, selain menjadi sumber pendapatan, investasi tanah juga bagus untuk masa depan. Karena harga tanah selalu naik dan permintaan selalu ada. Sehingga bisa dijadikan tabungan di masa tua.

"Kenapa tanah karena ya tidak basi. Coba kalau saya investasi mobil, satu dua tahun harganya sudah turun. Investasi emas juga naik turun, tapi kalau tanah stabil selalu naik, bisa jadi tabungan kalau sudah pensiun," sambungnya.

Pemilik nomor punggung delapan tersebut mengaku memiliki tanah di beberapa tempat. Paling banyak lokasinya di Surabaya. Meski begitu jumlahnya masih kalah jauh dibandingkan Hansamu. (*)

 

BERITA LAINNYA