Peluang David Aparecido da Silva mampu menambah keunggulan Persebaya Surabaya atas PSMS Medan di Stadion Gelora Bung Tomo, Rabu (18/7) malam WIB. Persebaya memetikkemenangan 2-0 atas PSMS. (Satrio Wicaksono for Persebaya)
Fulltime: Persebaya Surabaya 2-0 PSMS Medan
Efektif Manfaatkan Peluang, Persebaya Amankan Tiga Poin

GELOMBANG serangan Persebaya Surabaya menghasilkan tiga angka dari tamunya, PSMS Medan, pada matchweek ke-16 GO-JEK Liga 1 2018. Persebaya menambah luka PSMS dengan dua gol tanpa balas di Stadion Gelora Bung Tomo, Rabu (18/7) malam WIB. Hasil ini membawa Persebaya mengumpulkan 22 poin.

Gol kelima Irfan Jaya pada menit ke-35 membawa Persebaya memimpin atas PSMS. Sepanjang babak pertama tadi, kedua tim memperagakan permainan terbuka. Hanya saja, kedisiplinan pertahanan kedua tim tidak mengubah skor hingga turun minum.

Tim tamu yang dalam posisi tertinggal langsung memberikan serangan ke pertahanan Persebaya. Menit-menit awal babak kedua, PSMS lebih dulu mendapat peluang. Beruntung, bola yang mengarah ke Reinlado Lobo bisa dihalau lini belakang Bajul Ijo. Sudah 50 menit laga bergulir, skor masih 1-0 untuk keunggulan Persebaya.

Tak ingin terus ditekan tim tamu, Persebaya lantas membangun serangan ke kubu PSMS. Aksi Irfan Jaya memberi umpan cut-back bisa dihalau oleh Reinaldo Lobo di menit 52. Tak berselang lama, giliran Fandry Imbiri memberikan ancaman ke gawang PSMS dari sepakan penjuru, dia berhasil menyundulnya. Sayang, usahanya membentur tiang gawang.

Irfan Jaya nyaris mencetak gol keduanya di laga ini pada menit 54. Mendapat ruang tembak di depan kotak penalti, usahanya membentur kaki lawan. Kembali hanya menghasilkan tendangan pojok. Sayang, peluang dari tendangan sudut ini gagal dimaksimalkan oleh skuad asuhan Angel Alfredo Vera.

Persebaya sempat merasakan serangan balik PSMS di menit 55. Tapi, lini belakang Persebaya bisa menghentikan ancaman Ayam Kinantan lewat Legimin Raharjo. Tapi, wasit Nusur Fadilah memberikan hukuman tendangan bebas untuk Persebaya. Mendapat kesempatan emas, PSMS mencoba menyamakan kedudukan melalui eksekusi Firza Andika. Pagar betis Persebaya masih menjadi tembok kokoh. Gagal sudah upaya PSMS mencetak gol penyeimbang.

Memasuki menit ke-60, Persebaya menurunkan salah satu rekrutan anyarnya, Raphael Maitimo. Pemain berdarah Minangkabau ini menggantikan Ferinando Pahabol. Masuknya pemain timnas Indonesia itu membuat alur serangan Persebaya semakin bervariasi. Sementara pemain anyar kedua Persebaya, Onorionde Kughegbe John atau OK John masuk menggantikan Fandry Imbiri pada menit 73.

PSMS mencoba memanfaatkan situasi skrimit di dalam kotak penalti Persebaya setelah mendapat hadiah tendangan bebas usai Kisito Wilfreid Yessoh menerima ganjalan keras dari Otavio Dutra. Tapi, wasit Nusur Fadilah meniup peluit tanda pelanggaran setelah tandukan Reinaldo Lobo mengenai kepala Miswar Saputra pada menit ke-75.

Memasuki penghujung pertandingan, kedua tim masih bermain terbuka. Persebaya lebih mampu memanfaatkan peluang setelah David da Silva mencetak gol pada menit ke-89. Dalam sudut sempit, pemain asal Brasil itu menyelesaikan umpan apik Raphael Maitimo. Gol ke-8 dari David da Silva menutup laga klasik ini. (*)

BERITA LAINNYA