Dengan persiapan matang, skuad Persebaya Surabaya U-17 percaya diri memenuhi target pada perhelatan Piala Soeratin U-17 Jawa Timur 2018. (Persebaya)
Gabung Grup A Piala Soeratin U-17
Persebaya U-17 Target Tembus 8 Besar

PANGGUNG pembinaan usia dini Persebaya Surabaya di pentas sepakbola nasional musim 2018 akan dimulai di ajang Piala Soeratin U-17 Jawa Timur. Tim asuhan Seger Sutrisno ini tergabung di Grup A. Persebaya U-17 bertekad menembus babak 8 besar.

Manajemen Persebaya serius menyiapkan amunisi untuk masa depan agar tidak kehilangan pemain-pemain muda potensial. Mulai dari menggelar kompetisi internal hingga membentuk tim kelompok umur. Salah satunya dengan membentuk tim U-17.

"Bentuk perhatian manajemen Persebaya adalah pembinaan usia muda. Kami tentu mengarahkan klub-klub internal untuk mencetak pemain terbaiknya. Supaya bisa membela Persebaya Surabaya," ujar Mauritz Bernhard Pangkey, manajer Persebaya U-17. "Pemain yang membela Persebaya U-17 adalah yang terbaik dari hasil kompetisi internal," imbuh pemilik klub Maesa ini.

Anggota Komite Eksekutif M. Farid dan Sekretaris Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Timur memaparkan persiapan Piala Soeratin U-17 pada manager meeting di salah satu hotel di Surabaya, Senin (28/5) kemarin. (Persebaya)

Dengan komposisi ini, dia optimistis Bajul Ijo cilik bisa lolos dari fase grup. Berdasarkan hasil drawing yang dilakukan Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jatim, Senin (28/5) sore, Persebaya U-17 akan berjumpa dengan Pamekasan FC, Perssu Sumenep dan Suryanaga Selection. "Tahun kemarin kan masih masa transisi manajemen baru. Karena konsentrasi kami terbagi, tim gagal melewati fase grup. Tapi kali ini kami percaya bisa menembus 8 besar," tegas pria yang kerap disapa Champ ini.

"Sekarang ini tim baru, dari komposisi musim lalu, ada sekitar 40 persen yang dipertahankan. Selain itu pemain Persebaya U-17 juga ada yang naik ke jenjang Persebaya U-19. Namun ini bukan alasan, kami tetap akan memberikan yang terbaik," tandasnya.

Turnamen ini akan menggunakan format kompetisi penuh di fase 44 besar dengan menggunakan sistem dua kali home tournament. Pada putaran pertama dan kedua, ada 11 sebelas venues yang akan digunakan untuk menggelar babak 44 besar, karena ada 11 tim yang akan bertindak sebagai tuan rumah.

Persebaya sendiri akan melakoni duel putaran pertama di Stadion Gelora Ratu Pamelingan, Pamekasan. Baru pada putaran kedua bertindak sebagai tuan rumah.

Usai melewati fase grup, juara dan runner akan lolos ke babak 24 besar. Di fase tersebut, format berubah menjadi setengah kompetisi, dan dibagi 8 grup dengan masing-masing grup diisi 3 tim. Di babak ini, hanya dicari juara grup untuk lolos ke babak 8 besar.

Format kembali berganti di babak tersebut. Format di babak ini menggunakan sistem gugur single match. Pertandingan akan digelar di tempat netral untuk menentukan empat tim yang akan lolos ke babak semifinal. Untuk final putaran nasional Piala Soeratin rencananya akan digelar setelah final Liga 3. (*)

BERITA LAINNYA