Rofano Aprilian (8) mencetak gol Persebaya U-17 di menit 38 saat melakoni laga terakhir Grup L Piala Soeratin U-17 2018. Persebaya U-17 menang 3-0 atas Persikoba Batu U-17 di Lapangan Persebaya, Karanggayam, sore tadi (29/8). (Persebaya)
Lewati Capaian Tahun Lalu
Persebaya U-17 Lolos ke Babak Delapan Besar Piala Soeratin U-17 2018

JATAH lolos ke babak delapan besar Piala Soeratin U-17 Jawa Timur menjadi milik Persebaya U-17. Kemenangan tiga gol tanpa balas atas Persikoba Batu U-17 di Lapangan Persebaya, Karanggayam, sore tadi (29/8) membuat Persebaya U-17 menjadi juara Grup L. Mereka melampaui produktivitas pesaing beratnya, Persida Sidoarjo.

Sejak awal pertandingan Persebaya U-17 mendominasi pertandingan. Alhasil, tiga gol tercipta di pertandingan ini. Gol tersebut di cetak oleh Rofano Aprilian di menit 38, Azizul Al Faris Ardiansyah di menit ke 48. Dan ditutup oleh gol spektakuler dari luar kotak penalti oleh Alvin Kurnia di menit 76.

Bajul Ijo cilik pun dipastikan menjadi juara grup meski Persida U-17 juga mengoleksi empat poin. Hanya saja, selisih gol milik Persebaya U-17 lebih unggul. Roy Yusuf Ivansyah dkk berhasil menceploskan empat gol dan kebobolan satu gol. Sementara Persida hanya memiliki surplus satu gol.

Hal ini sangat disyukuri oleh Persebaya U-17. Sebab, target masuk babak 8 besar telah tercapai. Apalagi, hasil ini juga lebih baik dari tahun sebelumnya yang hanya mampu masuk babak 24 besar.

"Target pribadi saya sudah tercapai. Masuk babak ini sudah bagus. Mudah-mudahan tim ini juga bisa melalui babak selanjutnya," ujar manajer Persebaya U-17, Maurits Benhard Pangkey.

Menurutnya, Persebaya U-17 tak mau menutup harapan untuk mengulang prestasi tahun 2001 silam. Tujuh tahun lalu, Persebaya U-17 sukses menjadi kampiun kompetisi kelompok umur tersebut.

Tak jauh berbeda dengan sang manajer, pelatih Persebaya U-17 Seger Sutrisno juga sangat bersyukur dengan hasil tersebut. Apalagi disamping lolos anak asuhnya juga bermain bagus. "Alhamdulillah di pertandingan ini anak-anak bisa bermain sesuai harapan. Mereka main lepas padahal sore ini adalah penentuan lolosnya. Saya senang mereka tidak terbebani," tuturnya.

Kendati demikian, pelatih yang juga mantan pemain Persebaya tersebut masih menyorot lini belakang anak asuhnya. Menurutnya, barisan pertahanan Persebaya U-17 masih kurang tenang apabila menghalau serangan lawan. Namun, nantinya, kekurangan tersebut akan dibenahi sebelum babak delapan besar digeber.

"Kami masih banyak kekurangan. Ini akan kami koreksi apalagi di babak selanjutnya lawan pasti lebih kuat. Mudah-mudahan seterusnya mereka bisa bermain lepas seperti ini," pungkasnya. (*)

BERITA LAINNYA