Persebaya Surabaya U-13 berhasil meraih gelar juara pada turnamen Askot PSSI Surabaya, Minggu (13/5). Persebaya U-13 menang 3-2 atas Gajah Putih melalui babak adu penalti. (Persebaya)
Prestasi Kedua Akademi Persebaya
Persebaya U-13 Juarai Turnamen Askot PSSI Surabaya

RAIHAN prestasi disabet tim Persebaya Surabaya U-13 dalam tempo singkat. Dalam tempo dua bulan, meraih dua gelar. Yang pertama saat merebut gelar juara ketiga pada ajang Okky Splash Youth Soccer League 2018, 3-11 Maret lalu di Lapangan Karang Pilang, Surabaya. Terbaru, Persebaya U-13 menjadi yang terbaik di turnamen Askot PSSI Surabaya 2018.

Akademi Persebaya menjadi juara ketiga pada turnamen U-12 di ajang bertajuk Okky Splash Youth Soccer League 2018 di Lapangan Karang Pilang, Surabaya, 3-11 Maret lalu. (Persebaya)

Tidak mudah bagi Persebaya U-13 menjuarai turnamen Askot PSSI Surabaya tahun ini di Lapangan Persebaya, Karanggayam, Minggu (13/5). Yang menarik, langkah Persebaya U-13 melaju hingga ke final dilalui setelah mengandaskan tim legendaris, Mitra Surabaya. Persebaya U-13 menang menyakinkan dengan dua gol tanpa balas di babak perempatfinal.

Pada babak final, Persebaya U-13 harus bekerja ekstra keras mengatasi perlawanan tim Gajah Putih. Dua babak waktu normal dilalui dengan skor kacamata, alias 0-0. Pertandingan pun dilanjutkan ke babak adu tendangan penalti. Pada babak adu tos-tosan ini, Bajul Ijo cilik mampu keluar sebagai pemenang dengan skor 3-2 atas Gajah Putih.

“Kami juga biasa latihan tendangan penalti. Jadi, anak-anak bisa mengatasi tekanan. Kami bangga dengan hasil ini,” ungkap Heri Doel, juru taktik Persebaya U-13.

Pria yang juga pelatih Semut Hitam, klub internal Persebaya, ini mengatakan telah mempersiapkan anak asuhnya sejak awal tahun ini. Dia menerima amanat menjadi pelatih Persebaya U-13 dari direktur amatir Persebaya Saleh Hanifah. “Apalagi dari manajemen ingin memperkuat pembinaan berjenjang yang tujuannya untuk memenuhi kebutuhan pemain Persebaya senior,” beber Heri Doel.

“Usai melakukan seleksi, kami melakukan persiapan panjang. Tim ini sendiri merupakan bagian dari Persebaya U-12. Boleh dibilang embrionya. Kami juga meraih gelar sebelum ke turnamen Askot PSSI Surabaya,” imbuhnya.

Sebelumnya, mereka meraih prestasi di ajang Okky Splash Youth Soccer League 2018. Pasukan Heri Doel itu menjadi satu dari empat tim terbaik yang lolos ke semifinal, yakni Bulog Surabaya, ASBI Bojonegoro, SFC. Ajang ini sendiri dijuarai Bulog Surabaya setelah meraih kemenangan 2-0 atas ASBI Bojonegoro di Lapangan Karang Pilang, 11 Maret lalu. (*)

BERITA LAINNYA