Alfredo Vera memberikan menu recovery training pada latihan pagi ini (foto: Persebaya)
Latihan Ringan Sebelum Ke Samarinda  
Green Force Mulai Fokus Lawan Borneo FC

Sukses menaklukan Arema FC dalam laga lanjutan Liga 1 di Stadion Gelora Bung Tomo Surabaya, Minggu (6/5) lalu, memiliki sensasi tersendiri bagi para penggawa Persebaya. Ya, tensi tinggi di tribun dan dalam lapangan sepanjang laga membuat kemenangan dalam super derby Jatim itu sangat spesial, sensasinya seperti baru saja menjuarai kompetisi.

Kapten Persebaya, Rendi Irwan bahkan mengungkapkan, menang atas rival abadi itu, sensasinya seperti saat mereka memastikan satu tiket promosi ke Liga 1. Ketika itu, Persebaya menaklukan Martapura FC di babak semifinal. " Ini salah satu kemenangan terpenting dalam karir sepak bola saya," kata Rendi. "Sama seperti kami mengalahkan Martapura dan lolos ke Liga 1," tegas pemain asal Sidoarjo ini.

foto: Persebaya

Meski begitu, tim besutan Angel Alfredo Vera itu tidak mau terlalu lama larut dalam suasana happy itu. Kompetisi masih panjang, dan banyak pertandingan yang masih harus dilewati oleh Rendi dan kawan kawan. Laga terdekat, tim yang promosi ke kasta tertinggi sepak bola tanah air dengan status juara Liga 2 itu, akan berhadapan dengan tuan rumah Borneo FC di Stadion Segiri Samarinda, Jumat (11/5) nanti.

Nah, agar pemain tetap berada dalam performa terbaik dan bisa menjaga trend positif, Alfredo memutuskan untuk tetap memberikan program latihan kepada para pemain beberapa jam sebelum terbang ke Kalimantan Timur. Persebaya menjalani latihan di Stadion Jenggolo Sidoarjo, Selasa (7/5) pagi.

foto: Persebaya

Latihan yang digelar untuk mengembalikan stamina pemain usai tampil melelahkan melawan Arema itu, berlangsung selama 90 menit. Dalam sesi latihan tersebut Alfredo membagi tim menjadi dua kelompok dimana satu kelompok terdiri dari pemain yang bermain pada pertandingan melawan Arema dan satu kelompok lagi merupakan tim yang tidak bermain dan menjadi cadangan.

Nah, bagi mereka yang tidak bermain saat melawan Arema, Alfredo memberi menu Physical Maintenance dan football Conditioning sementara untuk mereka yang bermain hanya diberikan menu recovery training. “Hari ini latihan hanya untuk pemulihan saja, karena kami baru selesai bertanding,” ujar Alfredo.

foto: Satrio Wicaksono for Persebaya

Lebih lanjut, pria asal Argentina itu menyebut, tim besutannya bakal melakukan latihan intens di Samarinda. Memang, tiga jam setelah latihan pagi itu, penggawa Green Force sudah harus bertolak ke Kalimantan lewat jalur udara. "Kami berangkat ke Samarinda hari ini karena kami bermain hari Jumat dan perjalanan kesana cukup jauh. Jadi segala persiapan akan digelar di sana. Untuk kondisi anak-anak, semuanya dalam keadaan baik dan siap bertanding”imbuh Alfredo.

Kendati demikian, Persebaya Surabaya dipastikan tidak diperkuat oleh Oktafianus Fernando pada lawatan ke Kalimantan nanti. Pasalnya, pemain berusia 25 tahun itu mengalami hukuman kartu merah langsung yang dia dapatkan saat bentrok melawan Arema akhir pekan lalu. Alfredo sudah menyiapkan beberapa pemain yang bisa menggantikan posisi pemain jebolan kompetisi internal Persebaya itu. 

foto: Persebaya

Tepat pukul 17.45 WITA (16.45 WIB, Red), skuad Persebaya sudah mendarat di Bandara Sultan Aji Muhammad Sulaiman Balikpapan. Kedatangan mereka langsung disambut oleh Bonek Balikpapan yang sudah menunggu kedatangan mereka. Untuk bisa sampai di Samarinda, Green Force harus melalui perjalanan darat selama kurang lebih tiga jam.(*) 

foto: Satrio Wicaksono for Persebaya
foto: Satrio Wicaksono for Persebaya
foto: Satrio Wicaksono for Persebaya
BERITA LAINNYA