Sebanyak 14 pemain Persebaya Surabaya U-19 didampingi manajer tim Budi Dharma Wibawa (kanan) dan jajaran pelatih berfoto bersama usai meresmikan kerja sama di kantor marketing Persebaya, Sabtu (21/4). (Persebaya)
Persebaya U-19 Resmikan 14 Pemain

Mesin tempur Persebaya Surabaya U-19 mulai panas. Persiapan lebih awal sejak dua bulan lalu terus dimatangkan. Kini, sebanyak 14 pemain resmi akan membela Persebaya U-19 di ajang Liga 1 U-19 2018.

Persebaya U-19 menggeber seleksi pertama pada Februari lalu. Artinya, proses pembentukan tim sudah berjalan selama dua bulan. Saat itu total 115 pemain hasil produk kompetisi internal mendapat kesempatan unjuk kemampuan. Tim pelatih yang dikomandoi Bejo Sugiantoro menerapkan sistem promosi degradasi kepada pemain.

“Kami menjalani proses yang panjang dan ketat. Penilaian kami objektif berdasarkan kemampuan pemain. Mulai dari skill individu hingga mampu bermain secara tim,” ujar Bejo. “Mulai dari seleksi awal kami pilih 29 pemain, kini tersisa 25 pemain,” imbuhnya.

Manajer Persebaya Surabaya Chairul Basalamah (kiri) didampingi manajer Persebaya U-19 Budi Dharma Wibawa (dua dari kiri) bersama tim pelatih Bejo Sugiantoro, Sony Setiawan dan Dedy Susanto memberikan pengarahan kepada para pemain Bajul Ijo muda. (Persebaya)

Selain itu, untuk menilai perkembangan skuad Bajul Ijo muda juga melakoni serangkaian game internal dan uji coba. Mulai dari meladeni klub-klub internal yang berlaga di Kompetisi Kapal Api Persebaya, melawan PSID Jombang yang berkiprah di Liga 3 Kapal Api Jawa Timur 2018 hingga adu kemampuan dengan tim senior Persebaya.

Proses-proses tersebut akhirnya membuat Bejo sudah mengantongi kerangka tim Persebaya u-19. Mantan tembok tangguh Persebaya dan Timnas Indonesia itu telah merekomendasikan 14 nama ke manajemen untuk diikat. “Kami sudah menyerahkan 14 nama pemain yang bakal membela Persebaya U-19 di kompetisi nanti,” bebernya.

“Ke-14 itu juga sudah terikat kerjasama dengan manajemen, Sabtu (21/4) sore. Kami berharap kepada 14 pemain ini, meski sudah resmi berkostum Persebaya U-19, jangan cepat berpuas diri. Mereka harus membuktikan diri pantas membela logo di dada,” tambah Bejo.

Di sisi lain, Budi Dharma Wibawa, manajer Persebaya U-19 mengaku tidak campur tangan dalam pengambilan keputusan pelatih. Dia menyerahkan sepenuhnya pemilihan pemain kepada tim pelatih. “Kami percaya jika mereka (14 pemain, Red) adalah yang menonjol selama proses pembentukan tim. Saya menyerahkan sepenuhnya penilaian pemain kepada tim pelatih,” ujarnya.

“Informasi dari head coach, yang kumpul itu 25 pemain tapi masih memungkinkan untuk dilakukan bongkar pasang kalau ada pemain bagus dan lebih mumpuni di liga (Kompetisi Kapal Api Persebaya, Red) akan dipanggil. Makanya, mereka harus tetap berproses menjadi lebih baik di setiap sesi latihan maupun program-program tim,” tandasnya. (*)

Ke-14 Pemain Persebaya Surabaya U-19

No Nama Posisi Klub Asal
1 Ababil Syahbela Bram Susanto Putra Penjaga Gawang PS Polda
2 Rifky Afryan Hartono Belakang Indonesia Muda
3 Wawan Belakang Anak Bangsa
4 Hais Wenno Full Back Bantaeng
5 Rifqi Arya Wardana Full Back Indonesia Muda
6 Flavio Cameron Sigah Gelandang ASIOP Apacinti
7 Jiddan Nuur Zaindien Gelandang Fatahillah 354
8 Muhammad Nofal Gelandang Bintang Angkasa
9 Gardhika Arya Putra Winger Indonesia Muda
10 Aslan Wais Winger Bantaeng
11 Koko Ari Araya Winger HBS
12 Vengko Armedya Striker PPLP Semarang
13 Zulfikar Akhmad Medianar Arifin Striker Indonesia Muda
14 Kresna Fajar Bayu Okoca Striker El Faza

 

 

BERITA LAINNYA