Head coach Persebaya Surabaya U-15 Muharom Rusdiana memberikan pengarahan kepada para anak asuhnya sebelum menjalani sesi latihan di Lapangan ITS, Kamis (29/3) lalu. (Persebaya)
Uji Kemampuan di Turnamen Askot Surabaya

PROSES pembentukan skuad Persebaya U-15 telah dimulai sejak dua bulan lalu. Sejumlah agenda akan dihadapi pasukan muda Persebaya tahun ini. Yang terdekat bakal dilakoni Persebaya U-15 pada ajang bertajuk Festival Sepak Bola Anak Surabaya.

Event ini merupakan program dari Asosiasi Kota (Askot) PSSI Surabaya.Kejuaraan yang rencananya akan digeber pada awal April mendatang diikuti sekolah sepak bola (SSB), anggota Askot se-Surabaya. Menghadapi beberapa agenda kejuaraan umur tahun 2018 ini, manajemen Persebaya sudah bersiap lebih dini.

Langkah awal adalah mempertahankan tim pelatih musim lalu yang terdiri dari head coach Muharom Rusdiana, asisten pelatih Nurkiman, serta Ibnu Abbas sebagai pelatih penjaga gawang. Setelah membentuk tim pelatih, Persebaya U-15 langsung melakukan seleksi pemain pada Februari lalu.

Lebih dari seratus anak diseleksi, yang merupakan hasil binaan dari 20 klub internal. Mereka yang mengikuti seleksi merupakan rekomendasi dari youth development divisi amatir Persebaya. "Kami sudah berlatih sejak satu bulan lalu. Persiapan anak-anak sudah mencapai 70 persen. Tinggal membenahi beberapa hal lagi,” ujar Muharom, pelatih kepala Persebaya U-15.

Muharom dan tim pelatih Persebaya U-15 menyambut positif rencana bergulirnya Festival Sepak Bola Anak Surabaya. Ajang ini diharapkan sebagai pemanasan sekaligus uji kemampuan para pemain seleksi Persebaya U-15.

"Anak-anak sudah mulai memahami strategi dan filosofi bermain seperti yang kami harapkan. Tinggal memoles penyelesaian akhir,” ungkap Muharom, mantan bek kanan yang turut berjasa membawa Persebaya menjuarai Kompetisi Divisi Utama Perserikatan 1987 ini.

Tim Persebaya U-15 ini tak hanya dipersiapkan terjun di Festival Sepak Bola Anak Surabaya, tapi juga kejuaraan kelompok umur yang salah satunya adalah Liga Pelajar Piala Menpora.

"Saya dengar Asprov PSSI Jatim juga menghelat Liga U-15. Tapi kami belum tahu seperti apa mekanisme untuk ambil bagian. Saat ini kami perlu fokus ke Festival Sepak Bola Anak Surabaya yang digeber Askot PSSI Surabaya,” tandas Muharom. (*)

BERITA LAINNYA