Andhika Ramadhani saat bermain di salah satu laga Liga 1 musim 2021/2022. Kini ia masuk dalam daftar pemain yang dipanggil STY untuk mengikuti TC Timnas. (Persebaya)
Lima Pemain Persebaya Dipanggil STY

Dari Penjaga Warkop Menuju Timnas

 

Persebaya kembali memberi bukti sebagai pabrik pemain timnas. Sebanyak lima pemain Bajol Ijo masuk dalam daftar pemain yang mengikuti pemusatan latihan timnas U-23. Pemanggilan tersebut tertera dalam surat PSSI yang dikirim ke sekretariat tim pada hari Selasa (5/4).

Nama-nama seperti Ernando Ari, Rizky Ridho, dan Marselino Ferdinan kembali masuk daftar. Ditambah pemain yang telah sembuh dari cedera panjang, Koko Ari.

Pemain yang identik dengan nomor punggung 33 itu sebenarnya sudah menjadi langganan Shin Tae-yong (STY) untuk membela timnas. Namun dikarenakan cedera ACL yang didapatkan tahun lalu, ia harus beristirahat dalam jangka waktu yang cukup lama.

Koko baru kembali merumput pada seri keempat yang digelar di pulau Bali. Namun tidak butuh waktu lama baginya untuk kembali ke performa terbaiknya.

Satu lagi nama yang dipanggil adalah Andhika Ramadhani. Ini adalah pemanggilan perdana untuk Penjaga gawang jebolan klub internal El Faza tersebut.

"Alhamdulillah, tidak menyangka bisa ikut dipanggil. Membela timnas adalah impian semua pesepakbola bola, tentu saya sangat bahagia. Kesempatan ini tidak akan saya sia-siakan," ungkap Andhika.

Kesempatan membela timnas memang menjadi spesial bagi pemain yang ikut membawa tim Elite Pro Academy Persebaya juara Liga 1 U-20 itu. Mengingat ia benar-benar mengawali karirnya dari bawah.

Andhika bahkan sempat jaga warung kopi milik keluarganya agar tetap bisa berlatih sepak bola. Dirinya juga mengawali kompetisi dengan status penjaga gawang ketiga. Namun di seri kedua Dika , begitu ia biasa disapa, menjadi andalan di bawah mistar. Tujuh cleansheet ditorehkan selama 17 kali penampilan.

Selain kelima pemain tersebut, sebenarnya ada nama Ricky Kambuaya dan Rachmat Irianto dalam surat yang dikirim. Namun keduanya kini sudah tidak menjadi bagian dari tim kebanggaan arek-arek Suroboyo.

Rencananya nantinya timnas akan menggelar pemusatan latihan di Korea Selatan. Durasi TC dimulai dari tanggal delapan hingga 29 April 2022. Rencananya tim ini akan dipersiapkan untuk turun di ajang SEA Games ke-31. (*)

 

BERITA LAINNYA