Taisei Marukawa merayakan gol yang dicetak di menit ke-50. (Persebaya)
Tanpa Delapan Pemain, Persebaya Tumbangkan PSS Sleman

Persebaya berhasil melewati salah satu ujian terberat musim ini. Menghadapi PSS di pekan ke-21, Bajol Ijo tidak dapat diperkuat delapan pemainnya. Lima pemain masih memperkuat timnas Indonesia. Sementara tiga lainnya absen karena terpapar Covid-19.

Rachmat Irianto, Rizky Ridho, Ernando Ari, Ricky Kambuaya dan Marselino Ferdinan sebenarnya berada di Bali. Tapi mereka masih tergabung dalam pemusatan latihan timnas Indonesia. Sementara Ady Setiawan, Reva Adi dan Akbar Firmansyah dinyatakan positif Covid-19 setelah menjalani PCR test sehari sebelum pertandingan.

Kondisi tersebut sempat membuat Aji Santoso pusing. Di menit akhir ia harus melakukan penyesuaian strategi untuk menghadapi PSS.

"Menurut saya pertandingan malam ini super berat buat kami, karena kehilangan pemain inti," ujar Aji Santoso.

"Tentunya kami sedikit bingung waktu itu, padahal taktik sudah siapkan dan tiba-tiba berubah. Saya harus mengambil alternatif," sambung mantan pelatih timnas Indonesia tersebut dalam sesi jumpa pers seusai laga.

Persebaya akhirnya harus memainkan pemain-pemain yang jarang mendapatkan menit bermain. Arizky Wahyu dan Frank Sokoy menggantikan posisi yang ditinggal Ady dan Reva.

Tidak hanya itu, pemain muda Dicky Kurniawan juga akhirnya dipercaya menjalani debut saat masuk menggantikan Arsenio Valpoort. Koko Ari yang baru pulih dari cedera panjang juga kembali merumput.

Beruntung meski melakukan banyak perubahan, tim kebanggaan arek-arek Suroboyo masih bisa memenangi laga. Taisei Marukawa menjadi aktor kemenangan Persebaya dengan mencetak gol di menit ke-50.

"Alhamdulillah perjuangan kami bisa dapat poin tiga, karena persaingan di lima besar ketat," terang Aji.

Tambahan tiga poin ini membuat Persebaya tetap menjaga asa di jalur perebutan juara. Bajol Ijo hanya terpaut dua poin dengan pemuncak klasemen sementara Arema FC. (*)

 

BERITA LAINNYA