Koko Ari melakukan terapi di bawah pantauan tim medis Persebaya. (Persebaya)

Hasil MRI Koko dan Bruno

Kabar terbaru datang dari dua pemain Persebaya yang dibekap cedera. Koko Ari dan Bruno Moreira masing-masing telah menjalani pemeriksaan MRI. Dari pemeriksaan tersebut ditemukan akar permasalahan dari kedua pemain tersebut.

Untuk Koko Ari, ditemukan robekan pada otot ligamen ACL. Ini adalah MRI kedua yang dijalani bek sayap Persebaya itu. Sebelumnya ia sempat menjalani pemeriksaan serupa saat masih tergabung di pemusatan latihan timnas Indonesia yang diselenggarakan di Dubai, Uni Emirat Arab.

"Secara klinis kondisinya baik. Karena sudah dapat melakukan latihan berbagai macam," ungkap dokter tim, Pratama Wicaksana.

Untuk penanganan medis tahap berikutnya, dokter Tommy, sapaannya, akan berdiskusi lebih lanjut dengan PSSI. Ia tidak mau gegabah ambil keputusan untuk melakukan operasi atau tidak. Karena seperti yang kita tahu, Koko adalah salah satu tulang punggung Persebaya dan timnas senior. Koko pun mendapatkan cedera saat membela timnas yang melakukan persiapan jelang babak penyisihan Piala Dunia.

"Saya sudah laporan dengan coach dan juga ke PSSI. Harapannya kita bisa kasih yang terbaik untuk Koko. Karena dia kan aset Persebaya dan Timnas," sambungnya.

Koko sendiri sebenarnya sudah melakukan terapi bersama fisioterapis Persebaya sejak tiba di Surabaya. Jebolan klub internal Persebaya itu sudah mengikuti beberapa rangkaian tim. Hanya saja saat sudah memasuki materi yang lebih intens, Koko harus menepi untuk menjalani latihan terpisah.

"Tahapan latihan sudah bisa. Lari sudah bagus, penguatan juga bagus. Progresnya bagus," jelas dokter Tommy.

Penanganan berbeda diberikan untuk pemain asing, Bruno Moreira. Menurut hasil pemeriksaan ditemukan cedera di bagian paha dalam. Gelandang asal Brasil tersebut dipastikan tidak akan menjalani operasi. Dokter tim Persebaya menilai kondisi Bruno bisa berangsur pulih dengan penanganan fisioterapi yang tepat.

"Sementara ini kita wait and see progres fisioterapinya seperti apa. Kita usahakan segera bisa bergabung dengan latihan. Pokoknya kita mau berikan yang terbaik, dia (Bruno) harus pulih benar baru bisa gabung latihan," kata lulusan Universitas Brawijaya itu.

"Kompetisi juga masih belum jelas. Tim pelatih juga berpesan jangan dipaksa. Kalau Koko sambil jalan kita diskusi dulu dengan PSSI," tandasnya. (*)

 

BERITA LAINNYA