Rachmat Irianto mengisi #NangOmahAeRek dengan berbagai macam kegiatan. Mulai dari menjaga kondisi hingga memelihara ikan. (Persebaya)
Begini Aktivitas Rachmat 'Rian' Irianto Selama #NangOmahAeRek

Pemain muda Persebaya Surabaya, Rachmat Irianto menghabiskan Ramadan tahun ini dengan beraktivitas di rumah saja. Rian, sapaan akrabnya, memaksimalkan waktu di rumah untuk menekuni hobi barunya memelihara ikan cupang. Selain itu, ia juga harus menjalani kuliah online.

Bagi Rian, self isolation selama masa pandemi coronavirus harus diisi dengan kegiatan-kegiatan positif. Selain menyalurkan hobinya terhadap ikan cupang, Rian juga melakukan workout, kuliah online, dan membantu keluarga.

Nah, berikut aktivitas Rian selama #NangOmahAeRek:

 

1. Memelihara Ikan Cupang

Rian menemukan hobi baru selama pandemi coronavirus, yakni memelihara ikan cupang. Putra sulung Bejo Sugiantoro itu sebenarnya sudah menyukai ikan cupang sejak masih duduk di sekolah dasar. Namun, keinginannya untuk memelihara ikan cupang terbentur padatnya aktivitas di sepak bola.

"Baru ada waktu untuk memeliharan ikan ya setelah pandemi ini. Sekarang saya punya sepuluh pasang ikan cupang. Saya beli online di beberapa akun di Instagram," cerita Rian.

Selain memelihara, Rian juga belajar untuk membudidayakan ikan air tawar yang habitat asalnya berasal dari beberapa negara di Asia Tenggara tersebut. Bagi alumnus SMAN 10 Surabaya itu, memelihara ikan memilki kenikmatan tersendiri Apalagi ikan cupang memiliki corak yang memanjakan mata.

"Ikan ini memiliki warna yang unik. Bikin happy saat melihatnya. Ketika di rumah dan sedang menganggur, saya pasti sibuk merawat ikan cupang," aku mantan pemain tim nasional U-19 Indonesia itu.

 

2. Kuliah Online

Berada di rumah saja tak membuat Rian melupakan kewajibannya untuk menuntut ilmu. Mahasiswa semester 4 jurusan Pendidikan Olahraga, Fakultas Ilmu Olahraga, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) tersebut selalu aktif mengikuti kuliah online. Ada dua hingga tiga kelas yang harus diikuti dalam sehari.

"Bagi saya sebagai atlet, belajar di rumah memang lebih santai. Tapi masih lebih enak belajar di kampus. Lebih mengena saat dosennya menjelaskan. Tak harus pusing dengan jaringan. Tidak berisik dengan gangguan lainnya," jelas Rian.

 

3.  Bantu Adik Belajar

Selain membantu orang tuanya membersihkan rumah, Rian juga memiliki tugas lain, yakni membantu adiknya belajar. Penggawa tim nasional U-23 itu mengatakan, menjadi mentor belajar untuk sang adik rupanya bukan pekerjaan yang mudah. Harus sabar dan telaten.

"Sedikit-sedikit saya masih ingat pelajaran waktu SD. Saya bantu sebisanya. Kalau tidak bisa, tanya ke mama atau ayah," akunya lantas tertawa.

 

4. Rutin Workout Menjelang Buka atau Setelah Tawarih

Puasa Ramadan tak membuat Rian menghentikan aktivitas fisik dan bermalas-malasan. Ia tetap berolahraga meski sekali dalam sehari. Alumni klub internal Indonesia Muda (IM) itu biasa melakukan workout menjelang berbuka atau setelah salat tarawih.

"Workout-nya seperti push up, sit up, plank, high knee, dan semacamnya. Itu belum termasuk latihan virtual tim Persebaya yang dilakukan tiga kali dalam seminggu," ungkap Rian.(*)

 

BERITA LAINNYA