Gelandang Persebaya Muhammad Hidayat (depan) terjatuh setelah berjibaku dengan pemain belakang Bhayangkara FC Nurhidayat Haji Haris di Stadion Gelora Bangkalan, Madura sore ini. Persebaya takluk 0-1 dari Bhayangkara pada laga kedua Piala Gubernur Jatim 2020. (Persebaya)
Full-time Piala Gubernur Jatim 2020: Bhayangkara FC 1-0 Persebaya
Gagal Penalti, Persebaya Kalah dari Bhayangkara FC

Persebaya gagal melanjutkan kemenangan pada laga kedua turnamen Piala Gubernur Jatim 2020. Persebaya harus mengakui keunggulan Bhayangkara FC dengan skor 1-0 Di Stadion Gelora Bangkalan, Madura, sore ini.

Dengan hasil itu, Persebaya menduduki peringkat kedua klasemen sementara Grup A dengan tiga poin. Bhayangkara FC di puncak dengan empat poin. Namun, Persebaya akan tergeser ke peringkat ketiga klasemen apabila malam ini Madura United bisa mengalahkan Persik Kediri.

Dengan hasil tersebut, peluang Persebaya untuk melaju ke semifinal akan ditentukan dalam laga terakhir melawan Madura United.

Layaknya kompetisi pra musim, Pelatih Persebaya Aji Santoso menurunkan formasi yang tidak biasa pada babak pertama. Memang pemain-pemain utama seperti David da Silva, Aryn Williams, maupun rekrutan anyar Makan Konate menjadi starter. Namun, formasi 4-4-2 pada babak pertama adalah pola yang sangat jarang dimainkan Bajol Ijo. Tercipta sejumlah peluang emas, namun tidak satu pun gol tercipta.

Pada babak kedua, Aji memasukkan Hambali Tholib yang berposisi sebagai winger. Formasi pun berubah menjadi 4-3-3 seperti yang biasa dimainkan Persebaya. serangan Bajol Ijo lebih menggigit.

Sampai pada menit ke-69, Persebaya mendapatkan penalti. Itu setelah Hambali dijatuhkan bek Bhayangkara di kotak terlarang. Sayang, Konate yang ditugaskan sebagai eksekutor tidak berhasil menjeploskan bola. Tembakannya melambung di atas mistar.

Sebaliknya, Bhayangkara malah lebih dulu menciptakan gol satu menit berselang. Melalui serangan balik yang cepat, penyerang Bhayangkara Dendy Sulistiawan berhasil melepaskan sontekan yang tidak mampu dibendung oleh Rivky Mokodompit.

Rachmat Irianto dkk terus berusaha menggempur pertahanan Bhayangkara. Sayang, sampai peluit akhir pertandingan. Tidak ada satu pun gol yang diciptakan Persebaya. Skor tidak berubah 1-0. (*)

BERITA LAINNYA