Balde merayakan gol yang dicetaknya bersama, Irfan Jaya dan Misbakus Solikin. Balde menyumbang satu gol dari 3 gol kemenangan Persebaya atas Madura United FC. (Persebaya)
Fulltime Semifinal Leg Kedua Piala Presiden 2019: Madura United 2-3 Persebaya
Final....!!!!

Pertandingan penuh determinasi tersaji di semifinal leg kedua Piala Presiden 2019. Persebaya berhasil memetik kemenangan tipis 3-2 atas Madura United pada laga di Stadion Gelora Madura Ratu Pamelingan, Pamekasan, malam ini (6/4). Hasil ini membawa Persebaya melaju ke babak final.

Tidak ada gol tercipta di babak pertama. Meski gawang Persebaya lebih banyak mendapat ancaman dari Madura United. Kedua tim bermain imbang 0-0. Kembali dari ruang ganti, Persebaya dan Madura United memperlihatkan inisiatif menyerang.

Hanya saja, gawang Persebaya lebih dulu bergetar pada menit ke-54. Bermula dari aksi Zah Rahan yang menggulirkan bola ke sayap kanan pada Beto Goncalves. Dia lantas memberikan umpan silang yang ditanduk oleh Aleksandar Rakic. Bola gagal dijangkau Miswar Saputra dan masuk ke pojok atas gawang. Persebaya tertinggal 1-0 dari Madura United.

Tersentak dengan gol tersebut, Green Force langsung membangun serangan ke pertahanan Madura United. Namun, kiper Muhammad Ridho tampil gemilang menghalau ancaman Persebaya. Persebaya akhirnya bisa menyamakan kedudukan pada menit ke-61. Tendangan sudut Damian Lizio mengarah ke Otavio Dutra memenangkan duel di udara dengan Fachrudin Aryanto untuk mengarahkan si kulit bundar ke dalam gawang. Skor berubah menjadi 1-1.

Hanya saja, gawang Persebaya kembali bergetar di menit ke-68. Bermula dari Aleksandar Rakic menyodorkan bola pada Beto Goncalves dimana tendangannya menaklukkan Miswar Saputra dari sudut sempit. Kedudukan berubah menjadi 2-1 untuk keunggulan Madura United.

Pada menit ke-82, Otavio Dutra nyaris mencetak gol keduanya pada laga malam ini. Namun, sundulannya memanfaatkan sepak pojok Damian Lizio bisa digagalkan oleh kiper Muhammad Ridho. Dua menit kemudian, Amido Balde mencatatkan nama di papan skor. Umpan dari Manuchehr Jalilov ditanduk oleh Irfan Jaya dan diteruskan dengan kepala Amido Balde. Skor kembali imbang 2-2.

Di penghujung pertandingan, Persebaya menuntaskan perlawanan Madura United lewat gol Hansamu Yama Pranata. Bek timnas Indonesia ini membantu serangan Persebaya. Menerima umpan dari Otavio Dutra, dengan berlari Hansamu meneruskan bola ke gawang Madura united. Skor berubah menjadi 3-2 untuk keunggulan Persebaya bertahan hingga peluit panjang. Kemenangan ini membawa Persebaya melenggang ke final dengan agregat 4-2. (*)

 

BERITA LAINNYA