Suasana Bonek Fair yang dihadiri oleh ribuan Bonek di Lapangan Parkir Timur, Plaza Surabaya pada Sabtu (23/3).(Persebaya)
Kapal Api Bonek Fair 2019
Kagum Kreativitas Bonek

Kapal Api Bonek Fair 2019 sukses luar biasa. Meski Surabaya diguyur hujan, Bonek dan Bonita dari berbagai penjuru datang memenuhi Parkir Timur Plasa Surabaya malam ini (23/3).

Tidak hanya dihibur dengan acara di panggung utama, semua yang hadir juga dimanjakan dengan berbagai macam kreativitas Bonek dan Bonita. Berbagai macam lomba dan booth tersedia di area Bonek Fair. Semuanya keren, bikin kagum!

Salah satunya booth Museum Persebaya yang diprakarsai Surabaya Jersey Community dan Pecinta Sejarah Persebaya. Disini pengunjung Bonek Fair disuguhi berbagai memorabilia tentang Persebaya dan Bonek. Beberapa item bersejarah juga dipamerkan.

Ada juga Bonek Campus yang menyajikan fakta penting Persebaya selama mengarungi Liga 1 2018. Ujang Ilyas dari komunitas Bonek Campus mengatakan konsep penyajian data statistik ini sebagai bentuk peran aktif Bonek Campus untuk mengedukasi masyarakat dan Bonek "Kita ingin menampilkan wajah Bonek yang terpelajar, yang berbicara dan berargumen lewat data," terangnya.

Komunitas Fotografi Bonek juga tidak mau kalah. Komunitas yang sudah ikut meramaikan Bonek Fair sejak edisi pertama ini menampilkan koleksi foto Persebaya dan Bonek selama musim lalu. Tidak hanya itu, KFB juga mengadakan lomba fotografi on the spot.

Hendra, Salah satu anggota KFB menyatakan banyak progres signifikan dari Bonek Fair tahun ini jika dibandingkan dengan yang sebelumnya. "Bonek Fair kali ini lebih ramai baik dari segi pengunjung maupun peserta lomba fotografi yang kami adakan," kata Hendra.

Ramainya Bonek Fair ternyata juga berdampak pada peningkatan jumlah anggota KFB. "Karena Bonek Fair ini makin banyak Bonek Bonita yang mengenal KFB, bahkan banyak dari mereka yang tertarik gabung dengan kita," sambungnya.

Dampak positif tidak hanya dirasakan KFB. Komunitas Bonek SKJ27 juga merasakan dampak positif even tahunan ini. "Lewat Bonek Fair, makin banyak masyarakat yang tahu tentang proyek Panti Asuhan Bonek," kata Eko Hadi Susanto dari Bonek SKJ27. "Tidak hanya tahu, mereka juga aktif berdonasi lewat donasi terbuka kita buka hari ini. Tidak hanya itu, pengunjung juga membeli merchandise kami yang hasilnya nanti akan dialokasikan untuk Panti Asuhan Bonek," imbuhnya.

Eko Hadi juga berharap makin banyak even seperti ini. "Dengan diberi tempat menyalurkan kreatifitas, Bonek dan semua komunitas akan berlomba untuk menjadi lebih baik ke depannya," kata ketua komunitas yang lebih dikenal dengan Bonek Sobo Panti ini. "Dengan begitu pelan-pelan stigma masyarakat terhadap Bonek juga akan berubah, pastinya hal ini juga berpengaruh positif terhadap Bonek dan Persebaya itu sendiri ke depannya," tutupnya.

Tidak hanya Bonek dan Bonita yang merasa dimanjakan. Salah satu Bonek yang sudah berkeluarga juga antusias dengan adanya Bonek Fair 2019. Rizal mengikutsertakan putrinya pada lomba mewarnai yang diadakan Tribun Kidul menjadi salah satu contohnya. "Lewat lomba ini bisa memperkenalkan Persebaya dan Bonek sejak dini kepada anak," terangnya.

Tidak hanya Tribun Kidul yang memanjakan Boncil (Bonek Cilik). Gate 21 dengan lomba sepak bola paku juga menyasar Bonek Cilik dan remaja. Pengunjung juga bisa menyaksikan secara langsung proses pembuatan mural bernuansa Persebaya di booth Gate 21.

Perwakilan Gate 21 yang akrab dipanggil Eyik sangat mengapresiasi adanya Bonek Fair. "Animo masyarakat lebih besar tahun ini, ditambah lagi ada bintang tamu Nella Kharisma, jadi bikin lebih ramai," jelas Eyik. Dirinya berharap kedepannya Bonek Fair tidak hanya diadakan secara rutin tapi juga semakin menyentuh semua kalangan Bonek. "Mungkin perlu ditambah lagi pengisi acara dari kalangan komunitas bonek, sehingga tahun depan bisa jadi tidak perlu bintang tamu, karena sudah lahir bintang dari kreatifitas Bonek yang mumpuni untuk mengisi acara di panggung utama," imbuhnya.

Hal senada diungkapkan perwakilan Green Nord, Husein Gozali. "Bonek Fair tahun ini makin bagus dari tahun sebelumnya, pemilihan waktunya juga tepat, sehingga Bonek disibukkan kegiatan positif sambil menunggu kompetisi," ungkap pria yang akrab disapa Cak Cong tersebut.

Dirinya juga berharap tahun depan gelaran Bonek Fair semakin lebih baik. "Tahun depan kalau bisa semakin banyak elemen Bonek yang diajak bergabung dalam even seperti ini, sehingga kreatifitas teman-teman bisa tersalurkan di tempat yang tepat," pungkasnya.

Gelaran Bonek Fair ini adalah inisiasi dari Main Partner Persebaya selama dua musim terakhir yaitu Kapal Api. Kabar baiknya, dalam musim ini Kapal Api masih berkomitmen untuk mendukung penuh Persebaya. Jadi harapan untuk keberlangsungan Bonek Fair masih terjaga. (*)

 

 

BERITA LAINNYA