Barisan dump truck membawa sirtu berjajar rapi di Stadion Gelora Bung Tomo untuk proses pengurukan akses jalan yang lebih lebar bagi pejalan kaki, siang tadi (12/3). (Persebaya)
Pengurukan Akses Gelora Bung Tomo Mencapai 60 Persen
Akses Sisi Selatan Hampir Rampung

Bonek kini boleh berbahagia. Progres pengurukan akses menuju stadion Gelora Bung Tomo makin terlihat. Sepanjang 300 meter sisi selatan akses masuk GBT kini telah rata. Tertutup dengan tanah urukan.

Pengerjaan ini terbilang cepat, mengingat untuk mencapai panjang 300 meter hanya membutuhkan sepuluh hari. Tepatnya pada tanggal 1 Maret lalu, Pemkot mulai melakukan pengurukan di area sekitar akses masuk GBT. Kini, lahan yang dulunya rawa sudah padat dan hampir bisa dilewati pejalan kaki.

"Hingga Senin lalu (11/3), volume pengurukan sudah sebanyak 4.775 meter kubik, atau sudah sekitar 60 persen dari total kebutuhan 8.000 meter kubik,” kata Eri Cahyadi, Kepala Bappeko Surabaya. “Volume sebesar itu didapat dari 955 rit yang sudah diangkut sejak 1 Maret lalu,” lanjutnya.

Truk pengangkut material menurunkan muatannya untuk proses pengurukan akses menuju stadion Gelora Bung Tomo terus berdatangan dilokasi siang tadi (12/3). Lahan yang dulunya rawa sudah padat dan hampir bisa dilewati pejalan kaki. (Persebaya)

Dengan sisa pekerjaan tinggal 40 persen, Eri yakin pengurukan bisa segera rampung. Akses masuk ke GBT semakin lebar. “Biar mbonek gak uyel-uyelan maneh, Rek," ucapnya.

Sementara itu, untuk sisi utara belum dilakukan pengurukan. Saat ini masih dilakukan pengukuran untuk memastikan tanah yang bisa digunakan sebagai lahan untuk pelebaran akses GBT. Beberapa titik juga sudah dipasang patok sebagai penanda area perluasan akses masuk. Meski ada perbedaan lebar jalan dengan sisi selatan, namun luas total dari akses masuk GBT nantinya akan tetap 3 kali lebih besar dari pada yang ada sekarang.

Jika sesuai rencana, pengurukan sisi utara maupun selatan akan selesai sekitar 3 minggu kedepan. Setelah itu, baru akan dilakukan proses pengaspalan. Rencananya lahan baru tersebut tidak hanya digunakan sebagai jalan masuk dan keluar. Namun akan ada beberapa penambahan titik parkir bagi pendukung Persebaya yang menyaksikan secara langsung di stadion kebanggaan kota Surabaya itu. (*)

BERITA LAINNYA