GAEK: Aksi Mat Halil (kiri) dalam sesi latihan di Lapangan Karanggayam kemarin. (Foto: Angger Bondan/Jawa Pos)
Rampingkan Skuad demi Regulasi

REGULASI PSSI soal usia pemain yang boleh tampil di Liga Indonesia 2 (Divisi Utama) menjadi perhatian manajemen Persebaya Surabaya. Usia pemain di Liga Indonesia 2 maksimal 25 tahun. Namun, setiap kontestan bisa mendaftarkan lima pemain dengan usia di atas 25 tahun.

Regulasi tersebut membuat manajemen dilematis. Sebab, menurut Manajer Persebaya Choesnoel Farid, selama proses pembentukan tim ada sekitar delapan pemain yang usianya di atas 25 tahun. Di antaranya, Mat Halil (bek/37 tahun), Usman Pribadi (kiper/33 tahun), Feri Ariawan (gelandang/30 tahun), serta Rendy Irawan (gelandang/29 tahun).

Farid menyatakan bahwa tidak mudah mengesampingkan peran para penggawa senior itu. "Apakah memang yang harus dikontrak lima saja atau boleh sampai sepuluh dengan lima yang dimainkan," tuturnya kemarin (16/1).

Namun, jika PSSI tetap mempertahankan regulasi, manajemen bakal merampingkan pilar senior. Perampingan itu juga tidak bisa dilakukan sembarangan. "Sebab, kami harus mempertimbangkan betul posisi maupun kemampuan yang menjadi kebutuhan tim," papar Farid.

Selain memperhatikan regulasi, fokus manajemen selanjutnya mencari pelatih kepala. "Syarat utamanya (pelatih Persebaya), dia harus memahami betul karakter Surabaya itu seperti apa," katanya. (apu/c15/bas)

Story provided by Jawa Pos

BERITA LAINNYA