Pemain Persebaya U-16 Aslan Wais (depan) saat menghadapi Borneo FC U-16 pada laga pamungkas Seri 4 Grup C di Lapangan Persebaya, Karanggayam Sabtu lalu (24/11). Pertandingan itu berakhir imbang 1-1. (Persebaya)
Babak 8 Besar Elite Pro Academy Liga 1 U-16 2018
Gabung Grup Maut, Persebaya U-16 Boyong Kekuatan Penuh

Dua tim juara grup Elite Pro Academy Liga 1 U-16 2018 menjadi lawan bagi Persebaya U-16 di babak delapan besar. Pada babak ini, delapan klub dibagi menjadi dua grup. Persebaya U-16 tergabung di Grup X yang akan dihelat di Stadion 17 Mei, Banjarmasin dan Stadion Demang Lehman, Martapura.

Persebaya U-16 menuntaskan fase Grup C sebagai runner up. Dari 20 pertandingan, Bajul Ijo Cilik meraih poin 32 hasil 8 kali menang, 8 imbang dan 4 kali kalah. Tim asuhan Yongki Kastanja itu mencetak 16 gol dan 10 kali kebobolan.

Dari hasil pengundian yang dilakukan PSSI di Jakarta, Senin (26/11) kemarin, Persebaya U-16 akan menghadapi Barito Putera U-16 (juara Grup B), Persija Jakarta U-16 (peringkat ketiga terbaik pertama), dan Borneo FC U-16 (juara Grup C). Di babak 8 besar, kompetisi digelar dengan sistem home tournament.

“Ini grup maut. Ada dua juara grup penyisihan yang tergabung bersama kami. Menurut saya di grup ini lebih berat dari Grup Y yang di Bali. Tetapi, InsyaAllah kami tetap fokus,” kata Yahya Hasan Alkatiri, manajer Persebaya U-16. “Anak-anak sudah mulai berlatih kembali kemarin (27/11), setelah mendapat libur,” imbuhnya.

Yahya mengatakan jika tim pelatih langsung mengenjot penyelesaian akhir Brylian Negietha Dwiki Aldama dkk. Bagaimana tidak, dari lima laga di Seri 4 lalu, Persebaya U-16 hanya bisa memetik satu kemenangan dan sisanya imbang. Mereka juga mencetak lima gol.

“Dari evaluasi pelatih setelah Seri 4 selesai, kami masih bermasalah dengan finishing touch. Pemain banyak menciptakan peluang, tapi masih lemah mengkonversi menjadi gol. Makanya dengan sisa waktu yang ada, sektor ini kami benahi,” beber Yahya.

Persebaya U-16 dijadwalkan terbang ke Banjarmasin besok pagi (30/11). Bajul Ijo Cilik memboyong kekuatan penuh sebanyak 24 pemain. Selain Brylian Aldama, ada nama Ernando Ari Sutaryadi di posisi penjaga gawang. Di lini depan ada Muhammad Akrom dan Ragil Satrya Jati.

Persebaya U-16 melakoni laga pertama melawan tuan rumah Barito Putera, Sabtu (1/12), sehari kemudian menghadapi Persija U-16 dan terakhir kembali bersua Borneo FC U-16, Selasa (4/12) mendatang.

Hanya dua tim terbaik dari masing-masing grup akan lolos ke babak semifinal. Untuk babak semifinal dan final akan berlangsung pada 8 dan 9 Desember mendatang. Rencananya akan dihelat di kota Palembang, Sumatera Selatan. (*)

BERITA LAINNYA