Gelandang Persebaya U-16 dalam sesi latihan di Lapangan Telkom, Makassar
Yongki Kastanja Fokus Benahi Finishing Persebaya U-16
Harus Lebih Garang di Depan Gawang Rek!

Persebaya U-16 menunjukkan tren permainan yang meningkat pada seri II Liga 1 U-16 di Makassar. Dari dua kali laga, Bajol Ijo Cilik sekali menang dan sekali seri. Namun, pelatih Persebaya U-16 Yongki Kantanja belum puas dengan permainan timnya. Kurang garang di depan garang.

Hal itu terlihat dalam laga terakhir kontra PSM Makassar U-16. Setidaknya Ega Favian Fitrianto dkk menciptakan lima peluang emas. Beberapa kali barisan depan berhadapan dengan kiper PSM. Sayang, tidak satu pun gol tercipta.

Yongki mengakui lini depan timnya belum maksimal. Karena itu, dalam sesi latihan tadi pagi, pria berdarah Ambon itu men-drill pemainnya untuk memperbaiki finishing touch. "Dalam dua laga terakhir, masih banyak peluang yang belum bisa dituntaskan menjadi gol. Jadi, saya putuskan untuk mengasah kembali naluri gol mereka," jelas Yongki. "Saya juga doktrin mereka untuk bisa memaksimalkan sekecil peluang apapun untuk menjadi gol. Karena dalam laga, tidak mungkin kesempatan yang sama bisa berulang," tutur dia.

Dalam latihan yang berlangsung gayeng namun serius itu, Yongki menginstruksikan Ega dkk untuk bermain satu dan dua sentuhan di depan gawang. "Langsung shoot keras ke gawang," teriak Yongki kepada pemain yang mendapat operan. "Jangan lambat mengambil keputusan kalau sudah berhadapan dengan kiper," tandasnya.

Yongki juga memberikan evaluasi khusus kepada Farizi Rahman yang gagal mendapat peluang emas saat melawan PSM. "Kalau bola di udara, harus ditendang dari samping, biar bola melesat keras ke gawang. Tapi kalau ditendang dari bawah, nanti arah bola melambung ke atas mistar," beber Yongki sambil memberikan contoh.

Ragil Satrya Jati, salah satu ujung tombak Persebaya, menuturkan bila dia dan teman-temannya sangat menikmati latihan pagi tersebut. "Apalagi latihan kali ini lebih difokuskan kepada para striker seperti saya. Dengan sudah adanya pembenahan seperti ini, saya berusaha untuk tidak melakukan kesalahan yang pernah saya lakukan di laga sebelumnya," janji Ragil.

Persebaya yang saat ini berada di puncak klasemen Grup 2 memang menargetkan poin penuh saat melawan Perseru Serui, di lapangan Telkom Makassar, besok sore. Saat kedua tim bersua di putaran pertama lalu, Persebaya sukses mengamankan poin penuh dengan kemenangan tipis 1-0. (*)

 

 

BERITA LAINNYA