Osvaldo Haay berhasil memperkecil kedudukan melalui sundulannya di menit ke-39
Halftime: Bhayangkara FC 2-1 Persebaya Surabaya
Sundulan Osvaldo Haay Perkecil Ketertinggalan

PERMAINAN menyerang diperagakan Persebaya Surabaya saat menantang tuan rumah Bhayangkara FC di Stadion PTIK, Rabu (11/7) sore WIB. Kedua tim memperagakan permainan terbuka di babak pertama. Hasilnya, tiga gol tercipta. Untuk sementara, Persebaya harus mengakui keunggulan Bhayangkara FC dengan skor 2-1.

Persebaya langsung menerima tekanan dari tuan rumah pada menit ke-3. Peluang pertama diperoleh Bhayangkara FC melalui tendangan bebas yang diambil oleh Paulo Segio. Bola berhasil disundul oleh Vladimir Vujovic, beruntung mengenai tiang gawang. Dua menit kemudian, Paulo Sergio yang menjadi motor serangan kembali mendapat peluang, hanya saja Miswar Saputra keluar dari sarangnya untuk membuang bola.

foto: Persebaya

Tak ingin ditekan tuan rumah, Persebaya lantas membangun serangan. Peluang pertama dari Persebaya didapat melalui kaki Irfan Jaya namun sayang umpannya masih bisa dihadang oleh bek Bhayangkara FC. Persebaya terus mencoba membongkar pertahanan tim milik kepolisian Republik Indonesia itu.

Sayang, gawang Persebaya lebih dulu bergetar pada menit ke-17. Berawal dari tendangan bebas yang dilesatkan Paulo Sergio, penyerang Persebaya Rishadi Fauzi mencoba menghalau namun sayang bola malah masuk ke gawang yang dikawal Miswar Saputra. Persebaya tertinggal 0-1 dari Bhayangkara FC.

foto: Persebaya

Persebaya merespon di menit ke-24. Sayang, satu peluang dari tendangan first time jarak dekat Sidik Saimima menerima umpan tendangan sudut Irfan Jaya masih melebar dari gawang Bhayangkara FC yang dikawal Awan Seyho Raharjo. Tim berjuluk The Guardian ini mengandalkan serangan balik untuk mengancam pertahanan Bajul Ijo.

Salah satunya lewat Paulo Sergio yang gagal memanfaatkan menjadi gol. Sepakannya melebar disamping gawang Miswar Saputra di menit 27. Pun demikian dengan peluang Herman Dzumafo yang masih bisa diselamatkan oleh Miswar Saputra pada menit 31. Gelombang serangan terus dilancarkan Bhayangkara FC.

Disaat Persebaya mencoba menyamakan kedudukan, gawang tim kebanggaan Arek-arek Suroboyo itu kebobolan untuk kedua kalinya. Vendry Mofu membawa Bhayangkara FC memimpin dua gol melalui sundulan kepalanya yang memanfaatkan umpan cantik dari Paulo Sergio di menit ke-33.

Keasyikan menyerang, tim polesan Simon Alexander McMenemy itu akhirnya menerima hukuman dari Persebaya. Umpan apik dari Irfan Jaya sukses dimaksimalkan oleh Osvaldo Haay. Sundulan pemain timnas Indonesia U-23 dari jarak yang sangat dekat ke arah sudut kiri atas itu tak bisa dihentikan Awan Seyho Raharjo. Gol balasan Osvaldo Haay pada menit ke-39 itu merupakan yang terakhir di paruh pertama ini. Persebaya harus tertinggal 1-2 dari Bhayangkara FC. (*)

BERITA LAINNYA