Para pemain PS Kota Pahlawan (KoPa) merayakan gol pertama yang dicetak Hendra Tristiady Hermawan (9) ke gawang Lamongan FC di Lapangan Persebaya, Karanggayam, Minggu (8/7) sore WIB. (Persebaya)
Hasil Matchday Sembilan Liga 3 Kapal Api Jatim 2018
PS KoPa Jaga Kans Lolos Putaran Kedua

KANS lolos PS Kota Pahlawan (KoPa) ke putaran nasional Liga 3 Kapal Api Jawa Timur 2018 tetap terjaga. Hal itu menyusul kemenangan telak 3-0 atas Lamongan FC pada Minggu (8/7) sore, di Lapangan Persebaya, Karanggayam. Kemenangan ini membuat PS KoPa meraih 16 poin dan menempel ketat runner up Grup B, Lamongan FC.

Selain membuntuti Lamongan FC, kemenangan tersebut juga mengantarkan PS KoPa sebagai peringkat tiga dengan koleksi poin tertinggi diantara peringkat tiga grup lainnya. Untuk itu, peluang tim Ariel Saron de Keyzer dkk untuk mengarungi fase selanjutnya tetap terjaga. Ya, dua tim peringkat tiga terbaik berpeluang melaju ke putaran kedua.

Namun demikian, pelatih PS KoPa Ahmad Rosyidin tak mau jumawa. Ia sadar betul bahwa semua kemungkinan bisa terjadi, untuk itu pelatih berlisensi C AFC tersebut tetap fokus untuk memenangkan tiga pertandingan sisa demi mengamankan tiket putaran kedua.

"Intinya kami harus konsentrasi di sisa putaran kedua ini agar bisa mengambil kemenangan. Entah nantinya runner up atau peringkat tiga terbaik, yang penting bisa maksimal untuk lolos," ujar Ahmad.

Selain itu, mantan asisten pelatih Persebaya Surabaya musim 2017 tersebut juga menyatakan bahwa hasil evaluasi dari pertandingan-pertandingan sebelumnya sudah mulai terlihat. Hal tersebut terbukti dari jalannya pertandingan PS KoPa melawan Lamongan FC tadi.

Gol kedua melalui sundulan Riski Kurniawan membuat PS Kota Pahlawan (KoPa) memimpin atas Lamongan FC. (Persebaya)

"Kemenangan ini karena anak-anak pede dan permainan kolektif kami terbangun. Alhamdulillah hasil kami evaluasi sudah terlihat, finishing sudah bisa menyelesaikan peluang yang ada," jelas Ahmad.

Sejak awal babak pertama tim satelit bentukan manajemen Persebaya tersebut benar-benar merepotkan pertahanan Lamongan FC. Hingga akhirnya pasukan Mahmud Syafi'i itu tak mampu membendung serangan PS KoPa di menit ke-20 setelah Hendra Tristiady Hermawan berhasil menyambut umpan terukur Ariel Sharon de Keyzer. Ini adalah satu-satunya gol hingga turun minum.

Di babak kedua dominasi permainan masih milik PS KoPa. Hingga akhirnya tuan rumah berhasil menambah pundi-pundi gol di menit ke-50 lewat Riski Kurniawan. Tandukan pemain bernomor 22 memanfaatkan sepak pojok sukses memperdaya kiper Lamongan FC, Farid Angga Saputra. PS KoPa lagi-lagi menggetarkan jala Lamongan FC di menit 57 melalui Bobby Ambarsari. Skor 3-0 untuk kemenangan tim berkostum hijau tersebut bertahan hingga laga usai. (*)

BERITA LAINNYA