Akselerasi winger PS Kota Pahlawan (KoPa) Riski Kurniawan (kiri) pada laga melawan PSID Jombang di Stadion Gajayana, Malang, diharapkan dapat membantu pada laga semifinal Liga 3 Kapal Api Jawa Timur 2018 melawan Persiga Trenggalek di Stadion R. Soedrasono, Bangil, Senin sore (27/8). (Persebaya)
Liga 3 Kapal Api Jawa Timur 2018
PS KoPa Tak Jumawa Ladeni Persiga

BABAK semifinal Liga 3 Kapal Api Jawa Timur 2018 sudah menanti PS Kota Pahlawan (KoPa). Meski menyandang rekor lebih mentereng, PS KoPa pantang meremehkan lawan. Lukman Hakim dkk akan meladeni Persiga Trenggalek di Stadion R. Soedrasono, Bangil, Senin sore (27/8).

Persiga tak hanya memastikan lolos ke zona Jawa, tapi juga semifinal dengan status juara Grup J. Mereka meraih dua kemenangan dan sekali imbang. Tak hanya itu, Gajah Putih (julukan Persiga) termasuk salah satu tim tertajam di babak 16 besar dengan tujuh gol. Mereka hanya kalah satu gol dari Persekabpas Pasuruan yang merajai Grup I dengan delapan gol.

Bandingkan dengan raihan PS KoPa di fase yang sama. Tim satelit bentukan manajemen Persebaya ini tak tersentuh kekalahan melawan Persema 1953, PSID Jombang dan PSSS Situbondo. Bahkan gawang PS KoPa tetap perawan. Raihan ini melengkapi hasil di putaran kedua fase reguler yang juga tidak tersentuh kekalahan.

Ahmad Rosyidin pun mewanti-wanti anak asuhnya agar tidak jumawa dengan hasil sebelumnya. PS KoPa tetap harus bekerja keras memetik kemenangan atas Persiga. “Tidak ada menang mudah, namun kolektifitas tim kami lebih baik. Hanya saja kami harus bekerja lebih keras meraih kemenangan besok,” ungkapnya.

Bukan tanpa alasan mantan asisten pelatih Persebaya di Liga 2 ini meminta para pemainnya bekerja keras di laga nanti. Kedua tim sebelumnya pernah menjalani laga uji coba jelang putaran kedua babak penyisihan Liga 3 Kapal Api Jawa Timur. Hasilnya, PS KoPa kalah 0-2 dari Persiga pada laga yang dihelat di Stadion Gelora 10 Nopember itu.

Berkat uji coba tersebut, Ahmad mengaku sudah mengantongi kekuatan Persiga. Dia telah menyiapkan strategi untuk meredam permainan lawan. “Kami sempat uji coba dan kalah 2-0. Tapi kami jadi tahu mereka punya kecepatan di sayap. Bola-bola crossing mereka berbahaya. Jadi kami akan antisipasi hal itu,” tutur pelatih berlisensi C AFC tersebut.

Satu hal yang menarik, pertandingan ini tak ubahnya ‘reuni’ Green Force. Sebab, arsitek Persiga merupakan mantan pemain Persebaya. Mursyid Effendi dan Chairil ‘Pace’ Anwar bakal bertemu rekannya, Mat Halil, yang merupakan asisten pelatih PS KoPa.

Di sisi lain, secara keseluruhan Jatim sudah meloloskan 11 tim yang akan berlaga di Liga 3 Zona Jawa. Dari zona Jawa ini akan diambil 8 tim untuk berlaga di zona nasional. “Kami berharap delapan wakil zona Jawa nanti semua berasal dari Jatim,” tegas Sekretaris PSSI Jatim, Amir Burhannudin. (*)

BERITA LAINNYA