Rishadi Fauzi merayakan gol pertama Persebaya Surabaya ke gawang Persija Jakarta pada laga di Stadion PTIK, Jakarta Selatan, Selasa (26/6) malam WIB. (Persebaya)
Halftime Persija Jakarta 0-1 Persebaya Surabaya
Lapangan Licin, Persebaya Memimpin

KONDISI lapangan Stadion PTIK tergenang setelah hujan mengguyur Jakarta beberapa jam sebelumnya. Situasi ini membuat permainan berjalan cukup lambat. Kendati demikian, Persebaya Surabaya lebih dulu memimpin di kandang Persija Jakarta pada laga tunda Liga 1, Selasa (26/6) malam WIB.

Persebaya lebih dulu memberikan ancaman. Satu peluang melalui Irfan Jaya di sudut sempit dari jarak dekat masih belum menemui sasaran ke gawang Persija yang dikawal Andritany Ardhiyasa pada menit ke-4.

Hingga 10 menit pertandingan berjalan, kedua tim belum menciptakan peluang bersih untuk mencetak gol lebih dulu. Baik Persija dan Persebaya belum meningkatkan tempo bermainnya, mereka masih membaca situasi.

Sejauh ini, barisan penyerang tuan rumah bisa diredam lini belakang Persebaya. Pemain sayap Macan Kemayoran seperti Riko Simanjuntak dan Novri Setiawan kesulitan membongkar ketatnya pertahanan tim tamu. Beberapa kali ditekan Persija, membuat Persebaya berupaya lepas.

Sejumlah upaya Persebaya akhirnya membuahkan hasil. Bajul Ijo memimpin lebih dulu memanfaatkan kesalahan lini belakang Persija. Bola yang muntah lantas disodorkan ke Irfan Jaya. Aksinya yang diakhiri dengan tendangan keras masih bisa ditahan Andritany. Namun, bola muntah lantas mengarah ke Rishadi Fauzi yang menghukum Persija lewat tendangan first time pada menit 20.

Tertinggal dari tim tamu membuat Persija menggebu-gebu untuk menyamakan kedudukan. Mereka gencar melancarkan serangan ke kubu Persebaya. Namun, konsentrasi dan fokus Arek-arek Suroboyo ini tidak mengendur. Tim asuhan Angel Alfredo Vera masih bisa beberapa kali merepotkan pertahanan Persija.

Irfan Jaya kembali mendapat peluang pada menit ke-31. Hanya saja lagi-lagi tendangan kerasnya dari jarak dekat bisa dihentikan Andritany yang juga kiper timnas Indonesia ini. Satu peluang lain berasal dari Rishadi Fauzi, hanya saja tendangannya masih melebar di menit ke-37. Skor belum berubah, masih 0-1 untuk keunggulan Persebaya.

Hujan deras yang mengguyur stadion di Jakarta Selatan itu membuat lapangan lebih licin. Sehingga membuat pemain gampang terjatuh. Berawal dari pelanggaran Otavio Dutra, Persebaya dihukum tendangan bebas tepat di depan kotak penalti pada menit 39. Beruntung tendangan keras Addison Alves melambung jauh dari gawang Persebaya.

Di penghujung paruh pertama, pertahanan Persebaya berturut-turut digempur Persija. Lagi-lagi dengan tenang pemain Persebaya menghalau ancaman. Bahkan dengan tambahan waktu hingga tiga menit, skor 1-0 untuk Persebaya masih bertahan. (*)

BERITA LAINNYA