Kecepatan Irfan Jaya, winger Persebaya Surabaya (kanan) mampu merepotkan pertahanan Persipura Jayapura pada laga di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (29/5) malam WIB. Kedua tim bermain tanpa gol pada paruh pertama. (Persebaya)
HALF TIME: Persebaya Surabaya 0-0 Persipura Jayapura
Permainan Cepat Persebaya Diimbangi Persipura

BELUM ada gol yang tercipta pada duel Persebaya Surabaya kontra Persipura Jayapura di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, Selasa (29/5) malam WIB. Persebaya sendiri tidak gentar menghadapi pemuncak klasemen sementara Liga 1 musim ini. Permainan cepat diperagakan kedua tim.

Menurunkan trio lini depan yang memiliki kecepatan, Ricky Kayame, Irfan Jaya dan Ferinando Pahabol, Persebaya langsung menggebrak pertahanan Persipura. Peluang pertama tuan rumah diciptakan Ricky Kayame yang lolos dari jebakan offside. Sayang, tendangan selamat datangnya masih melebar dari gawang Persipura yang dikawal Dede Sulaiman pada menit ke-2.

Agresifitas pasukan Bajul Ijo membuat Persipura tertekan di 10 menit pertama. Sejumlah kesempatan mampu diciptakan Arek-Arek Suroboyo. Namun belum ada peluang yang mampu mengoyak gawang Mutiara Hitam. Tim tamu sendiri berusaha lepas dari tekanan Persebaya dengan mengandalkan serangan balik cepat.

Memasuki menit ke-15, kombinasi duo Papua, Ricky Kayame dan Ferinando Pahabol merepotkan pertahanan Persipura yang digalang Boas Atururi dan Ricardo Salampessy. Namun, lagi-lagi peluang yang dimiliki Persebaya belum bisa mengubah papan skor. Tak berselang lama, giliran akselerasi Irfan Jaya yang diakhiri dengan umpan silang. Hanya saja, bola umpannya di dalam kotak penalti Persipura lebih dulu diamankan oleh Dede Sulaiman.

Pertahanan Persebaya sendiri mendapat ancaman melalui Hilton Moreira yang memanfaatkan tendangan pojok. Namun Miswar Saputra dengan sigap menghalau ancaman ke gawang tim pujaan Bonek ini pada menit ke-19. Dua menit kemudian, gawang Persebaya kembali diancam Persipura. Namun, lini belakang Persebaya menghalau bola muntah sebelum membahayakan.

Hingga menit ke-30, belum ada peluang emas dari kedua tim yang bisa dikonversi menjadi gol. Kedua tim silih berganti melancarkan serangan untuk lebih dulu mencetak gol. Tendangan bebas mendatar yang dieksekusi Irfan Jaya di depan kotak penalti Persipura masih melenceng dari sasaran pada menit ke-32.

Dalam suatu kesempatan yang cepat, giliran Persipura yang memberikan ancaman lewat Prisca Womsiwor. Namun tendangan keras pemain bernomor punggung 23 itu masih bisa ditepis Miswar Saputra. Dua kali Prisca Womsiwor memberikan ancaman ke gawang Persebaya. Beruntung, momentum tim tamu untuk unggul belum bisa terpenuhi ketika laga berjalan 40 menit.

Miswar Saputra (tengah) bermain gemilang menjaga gawang Persebaya Surabaya dari ancaman pemain-pemain Persipura Jayapura di Stadion GeloraBung Tomo, Surabaya, Selasa (29/5) malam WIB. (Persebaya)

Pada lima menit terakhir di waktu normal, Persipura lebih dominan dalam serangan. Bahkan, Boaz Solossa nyaris mengoyak gawang Persebaya. Beruntung sontekannya masih melebar dari gawang Persebaya yang sudah kosong. Hilton Moreira sempat menjebol gawang Persebaya. Namun, pemain asal Brasil sudah lebih dulu dalam posisi offside.

Di penghujung laga, umpan tarik Rendi Irwan ke kotak penalti langsung disambar Ricky Kayame. Sayang, sontekannya tepat di depan Dede Sulaiman hingga bisa diselamatkan. Gagal sudah gol yang dinanti-nanti di 45 menit pertama. Hingga turun minum skor kacamata, alias 0-0. (*)

BERITA LAINNYA