David Da Silva (kiri) bersama manajer tim Persebaya Surabaya Chairul Basalamah. Bersama kiper Reky Rahayu, David Da Silva akan memperkuat Persebaya di musim baru Liga 1. (Persebaya)
Persebaya Rekrut Dua Pemain Anyar Saat Injury Time
Kejutan Green Force Di Penutupan Bursa Transfer

MANAJEMEN Persebaya Surabaya mendatangkan dua amunisi baru jelang berakhirnya penutupan pendaftaran pemain musim baru Liga 1 nanti. Mereka adalah penyerang asal Brasil, David Da Silva dan penjaga gawang Reky Rahayu. Da Silva rencananya tiba di Surabaya siang ini, sementara Reky sudah bergabung dengan tim sejak dua hari lalu.

Bergabungnya Reky sesuai dengab kebutuhan tim. Reky memulai karir bersama Persita Tangerang U-21 selama tiga musim 2012-2014. Dalam waktu tersebut, penjaga gawang berusia 25 tahun itu tercatat mencatatkan 11 kali clean sheet. Dia kemudian bergabung dengan Persija Jakarta di musim 2015 sebagai kiper cadangan Andritany Ardhiyasa.

Nah, khusus bagi Da Silva, pelatih Persebaya, Angel Alfredo Vera mengungkapkan, dia sudah melihat kualitas skil dari permainan sang pemain. Salah satunya saat Da Silva memperkuat Bhayangkara FC dalam pertandingan ujicoba internasional melawan tim asal Jepang, FC Tokyo di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, akhir Januari lalu.

"Da Silva adalah striker yang hampir memiliki segalanya. Selain memiliki skil tinggi, dia juga punya kecepatan," ujar pria asal Argentina ini. "Dan, satu hal yang paling penting adalah, dia termasuk pemain yang cerdas dan bisa bermain secara tim. Karakter dan ciri khas Persebaya memang mengutamakan kolektivitas, dan Da Silva sangat cocok," timpalnya.

Pria asal Argentina ini menambahkan, komunikasinya bersama Da Silva sebenarnya sudah berlangsung lama. Bahkan, awal pekan lalu, Da Silva sudah berada di Surabaya dan mereka makan malam bersama, berdiskusi tentang Persebaya. "Saya langsung berbicara ke manajemen, dan kami mencapai kata sepakat," tambahnya.

Manajer Persebaya, Chairul Basalamah menambahkan, setelah mendapatkan lampu hijau dari Alfredo, mereka langsung menyiapkan semua administrasi dari Da Silva. Terutama tes kesehatan dan tes fisik yang harus dijalani oleh pemain. "Administrasi dan tes kesehatan adalah tahapan wajib setiap pemain yang tergabung dalam tim," ujarnya.

Bergabungnya Da Silva tersebut, lanjut Chairul, adalah bukti bahwa manajemen selama ini tidak pasif dalam proses perburuan striker asing demi menambah daya gedor lini depan tim kebanggaan arek arek Suroboyo itu. "Selama ini kami tidak diam kok. Intinya manajemen selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik bagi masa depan tim ini," jelasnya.

Lantas bagaimana dengan nasib Sylvano Comvalius yang disebut sebut juga berminat untuk bergabung dengan Green Force di musim ini? Gabriel Budi, agen pemain yang menjebatani Comvalius dengan klub-klub Indonesia lainnya mengungkapkan, klien-nya memang berminat, tapi itu adalah sesuatu yang tidak mungkin dalam waktu dekat.

"Kami memang sengaja untuk mem-push manajemen Persebaya untuk bisa menerima Comvalius. Namun, sepertinya sulit bagi Comvalius untuk bergabung di musim ini," jelas Gabriel. "Sebab, selain waktunya sangat mepet, kami juga terlambat. Sebelum kami menawarkan Comvalius, manajemen Persebaya sudah deal dengan pemain asing lain," ungkapnya. (*)

Reky Rahayu sudah mengikuti latihan bersama Persebaya Surabaya sejak dua hari lalu. (Persebaya)

BERITA LAINNYA