Koko Ari saat merayakan gol yang dicetak untuk timnas Indonesia beberapa waktu lalu. Koko bersama tiga rekannya terpilih untuk mengikuti TC lanjutan timnas yang diselenggarakan di Dubai Uni Emirat Arab. (Doc PSSI)
Persebaya Sumbang Pemain Terbanyak untuk TC Timnas Indonesia di Dubai

Pemain Persebaya benar-benar menjadi primadona bagi pelatih timnas Indonesia Shin Tae-Yong. Terbukti empat dari lima pemain Bajol Ijo yang mengikuti pemusatan latihan timnas Indonesia dibawa ke Uni Emirat Arab. Di sana mereka akan menjalani TC tahap kedua sebelum menghadapi laga lanjutan kualifikasi Piala Dunia yang juga diselenggarakan di UEA.

Rachmat Irianto, Rizky Ridho, Koko Ari dan Ady Setiawan masih akan menjalani pemusatan latihan timnas hingga Juni nanti. Sedangkan Arif Satria diberi kesempatan terlebih dahulu untuk kembali ke klub. Meski demikian, Persebaya tetap berstatus sebagai klub yang menyumbang pemain paling banyak untuk TC lanjutan timnas Indonesia.

‘’Ini adalah pilihan dari Shin Tae-yong. Bukan berarti yang ditinggal di Indonesia tidak baik, tetapi ini sekali lagi murni pilihan pelatih. Pelatih hanya membutuhkan 28 pemain. Itu artinya tidak semua pemain bisa dibawa ke Dubai,’’ kata Ketua Umum PSSI Mochamad Iriawan seperti yang dikutip dari laman pssi.org.

Sementara itu, pelatih Persebaya Aji Santoso sudah menduga pemainnya akan dibawa menuju Dubai. Karena ia kenal betul kualitas penggawanya memang di atas rata-rata. Serta karakter permainan mereka sesuai dengan yang dibutuhkan oleh Shin Tae-Yong.

"Alhamdulillah itu berkah buat pemain. Berarti kualitas pemain kita juga diakui oleh pelatih timnas. Saya harap mereka yang terpilih tetap memberikan yang terbaik untuk bangsa dan negara," terang Aji.

Pesan dari Aji Santoso memang harus benar-benar diperhatikan. Karena Shin Tae-Yong menegaskan tidak memberi ruang untuk bersantai bagi 28 pemain yang terpilih berangkat ke Dubai, UEA. Karena pelatih asal Korea Selatan tersebut berekspektasi tinggi dengan mereka setelah tidak lagi menjalankan ibadah puasa.

"Masih ada waktu untuk mengembalikan fisik pemain. Nanti di Dubai, setelah tidak puasa lagi, fisik mereka akan meningkat. Yang paling penting kemauan dan kerja keras mereka sudah terlihat saat pemusatan latihan di Jakarta,’’ kata Shin Tae-Yong.

Dijadwalkan timnas akan menjalani dua kali laga uji coba selama di negara yang khas dengan menara Burj Khalifa itu. Tim asal jazirah arab seperti Afghanistan dan Oman akan mencoba kekuatan timnas Garuda pada tanggal 25 dan 29 Mei.

Setelah itu, Indonesia akan melawan Thailand pada 3 Juni, lalu Vietnam 7 Juni, dan terakhir UEA pada 11 Juni. AFC telah memilih UEA sebagai lokasi sentralisasi lanjutan Kualifikasi Piala Dunia untuk Grup G. (*)

 

BERITA LAINNYA