Rizky Ridho berduel dengan Marko Simic dalam laga final Piala Gubernur Jatim 2020 di Stadion Gelora Delta Sidoarjo sore tadi yang berakhir dengan kemenangan untuk Persebaya (Persebaya)
Kiprah Jempolan Rizky Ridho di Piala Gubernur Jatim 2020
Ridho: Saya Masih Harus Banyak Belajar

DNA pemenang sudah dimiliki bek muda Persebaya Rizky Ridho Ramadhani. Ia sempat meraih gelar juara Elite Pro Academy (EPA) 2019 bersama Persebaya U-20. Ridho kini berhasil membawa Persebaya juara Piala Gubernur Jatim 2020 setelah menang 4-1 atas Persija Jakarta.

“Alhamdulillah senang sekali. Bisa juara yang pertama bersama tim senior. Semoga bisa berlanjut. Karena target kami adalah Liga 1 dan ajang ASEAN Club Championship (ACC) 2020,” kata Ridho selepas pertandingan di Stadion Gelora Delta Sidoarjo.

Meski berusia muda, 18 tahun, penampilannya sangat tenang dalam mengawal pertahanan Bajol Ijo. Pada laga tadi, Ridho tak gentar meski harus menghadapi top skor Liga 1 musim lalu, Marko Simic.

Memang, Simic berhasil mencetak gol yang membuat skor imbang 1-1 di babak pertama. Tapi, secara keseluruhan penyerang asal Kroasia itu selalu kesulitan melepaskan diri dari kawalan Ridho. Ia sukses menghentikan pergerakan Simic hingga laga berakhir dengan skor 4-1 untuk kemenangan Persebaya atas Persija.

Tak hanya Simic. Tetapi Ridho juga mampu merepotkan barisan penyerang-penyerang top di blantika sepakbola Indonesia. Mulai dari Alberto Goncalves, Greg Nwokolo, dan Jonathan Bauman. Pemain jebolan El Faza, klub internal Persebaya, ini membeberkan rahasianya.

“Ya jujur saja, saya belajar dari mereka dengan mempelajari permainannya seperti apa. Jika striker A seperti ini, yang B begini. Jadi saya ikuti alurnya selama beberapa menit, baru bisa mengetahui kelemahannya seperti apa,” ungkap Ridho. “Tetapi saya merasa masih harus belajar lagi. Banyak yang perlu dibenahi,” tandasnya.

Nama Ridho mulai mendapat perhatian pecinta Persebaya. Ia pun menjadi pilihan pertama di posisi stopper selama perhelatan turnamen pra musim. Rizky memulai debut di Piala Gubernur Jatim saat turun sebagai pemain inti di laga perdana melawan Persik Kediri, (10/2).

Saat itu, ia sukses mengantarkan Persebaya menang 3-1 atas tim promosi tersebut di Stadion Gelora Bangkalan, Madura. Selepas itu Ridho tak tergantikan dan sukses mengantarkan Bajol Ijo merengkuh gelar juara. Jalan karir masih panjang. Tetap semangat dan terus belajar Ridho! (*)

 

 

BERITA LAINNYA