Mahmoud Eid (kanan) menggiring bola saat Persebaya berlatih tanding melawan tim junior di Stadion Gelora Bung Tomo sore tadi. Ia turun penuh dalam uji coba untuk mempercepat proses adaptasi. (Persebaya)
Uji Coba, Persebaya Kalahkan Tim Junior
Machmoud Eid Main Full, Seluruh Pemain Dapat Kesempatan

Persebaya kian mematangkan persiapan menjelang uji coba melawan Sabah FA pada 8 Februari nanti. Sore tadi, tim besutan Aji Santoso itu menggelar uji coba melawan tim junior di Gelora Bung Tomo. Melawan tim gabungan Persebaya U-18 dan U-20, Bajol Ijo menang 4-1 pada laga yang digelar 2x45 menit itu.

Pada laga tersebut Aji memberikan menit bermain pada seluruh pemain Persebaya. Mantan pelatih timnas Indonesia tersebut ingin pemainnya merasakan atmosfer yang lebih serius sebelum nantinya menjamu Sabah FA.

"Uji coba hari adalah uji coba pemanasan untuk uji coba sesungguhnya lawan Sabah, jadi ini tadi saya memainkan semua pemain," terang Aji.

Pelatih berusia 49 tahun tersebut menilai permainan anak asuhnya cukup menjanjikan di uji coba pertama ini. "Sentuhan satu dua juga lumayan, tetapi masih banyak yang harus saya sempurnakan. Lagi pula lawan yang kita hadapi hari ini levelnya di bawah kita, jadi tidak bisa dijadikan ukuran," ungkap Aji. "Tapi saya sampaikan pada pemain untuk tetap serius dan mencoba semua yang sudah kita latih di latihan beberapa minggu ini dan mengimplementasikan di uji coba kali ini," imbuhnya.

Selain memberi jam terbang untuk seluruh pemain, Aji juga memberikan waktu bermain penuh untuk pemain asing anyar Persebaya, Mahmoud Eid. Sosok yang ikut menyumbang medali emas SEA Games 1991 tersebut ingin Mahmoud segera beradaptasi dengan tim.

Hasilnya dua dari empat gol yang diciptakan Persebaya lahir dari kaki pemain berpaspor Palestina tersebut. "Mahmoud saya mainkan full karena saya ingin dia cepat beradaptasi, dia juga belum pernah bermain dengan tim secata penuh sejak bergabung," tuturnya.

Sementara itu dua pemain bertahan, Muhammad Syaifuddin dan Arief Satria juga bermain 90 menit dengan alasan berbeda. Duo palang pintu Persebaya tersebut tidak bisa digantikan mengingat stok pemain belakang Persebaya menipis. Hansamu Yama masih menjalani ibadah Umroh, sedangkan Rizky Ridho sedang mengikuti TC bersama timnas U-19. Bek naturalisasi Zoubairou Garba juga masih dalam proses pemulihan cedera. (*)

BERITA LAINNYA