Winger andalan Persebaya Osvaldo Haay (kanan) saat menjalani pemusatan latihan bersama timnas Indonesia U-23 beberapa waktu lalu. Namun ia harus tercoret karena mendapat cedera ACL (anterior cruciate ligament) di lutut kirinya. (Persebaya)
Persebaya Meminta PSSI Menjaga Pemain di Timnas
Jalani Perawatan di Jakarta, Ini Harapan Valdo

Nasib sial menimba winger andalan Persebaya Osvaldo Haay. Saat menjalani latihan dalam pemusatan latihan timnas, ia mengalami cedera ACL (anterior cruciate ligament) di lutut kirinya. Cedera itu membuat ia dicoret dari timnas U-23 yang bertolak ke Wuhan, Tiongkok, untuk mengikuti Turnamen CFA Team China Chong Qing 2019.

Manajer Persebaya Candra Wahyudi telah berkomunikasi dengan timnas dan Osvaldo terkait hal itu. Ia menyayangkan cedera yang menimpa pemain eksplosif tersebut.

”Osvaldo adalah pemain yang diandalkan timnas maupun Persebaya,” kata Candra (9/10). ”Kami meminta PSSI melakukan upaya maksimal agar Osvaldo segera pulih. Tentunya berkoordinasi dengan tim medis kami,” lanjutnya.

Osvaldo bergabung timnas U-23 bersama Rachmat Irianto. Dua pemain itu sama-sama menjadi langganan starter di Persebaya.

Tidak hanya Valdo dan Rian, Persebaya juga mengirimkan Hansamu Yama Pranata ke timnas senior. Plus kiper Ernando Ari Sutaryadi, bek Rizky Ridho, gelandang Brylian Aldama, dan winger M. Supriadi di timnas U-19.

Supriadi juga tercatat sebagai skuad di tim Persebaya senior. Meski masih timnas junior. Bahkan, saat melawan Bali United, dia tampil sebagai starter.

”Tentunya dari pihak klub seperti Persebaya, pemain-pemain yang dikirimkan ke timnas bisa kembali dalam kondisi terbaik,” ucap Candra.

Candra sudah berkomunikasi dengan Valdo yang kini masih di Jakarta. Meski tidak berangkat ke Tiongkok, ia masih di sana untuk menjalani perawatan di Rumah Sakit Royal Progress. Proses perawatannya akan diawasi oleh dokter timnas.

”Sesuai arahan dokter timnas, saya akan menjalani perawatan selama sepekan di Jakarta. Semoga saja, saat kembali ke Surabaya pekan depan, kondisi saya sudah membaik dan bisa mempersiapkan diri menghadapi Persib,” jelas Valdo kepada Candra.

Sementara itu, Pelatih Persebaya Wolfgang Pikal juga sudah berkomunikasi dengan dokter timnas perihal Valdo. Mantan asisten timnas itu berharap Valdo bisa lekas pulih.

”Secepatnya tim medis Persebaya akan melakukan pemeriksaan kepada Valdo. Apakah diagnosanya sama dengan dokter timnas,” kata Pikal. ”Kalau misal ada perbedaan diagnosis, perlu dicari solusi terbaik bagi Osvaldo Haay agar lekas sembuh,” sambung sosok yang bersama Alfred Riedl mengantarkan timnas runner-up Piala AFF 2010 dan 2016 itu. (*)

BERITA LAINNYA