Skuad Persebaya U-16 menyemarakkan festival Elite Pro Academy Liga 1 U-16 2019 di National Youth Training Center (NYTC) PSSI, Sawangan, Depok, pada 20-24 Maret 2019. Mereka diharapkan memetik semangat kompetitif, fair play, dan respek kepada sesama pemain sejak usia muda. (Persebaya)
Persebaya Tampil di Festival Elite Pro Academy Liga 1 U-16
Belajar Semangat Fair Play

Persebaya melakoni debut di festival Elite Pro Academy Liga 1 U-16. Kegiatan yang dipusatkan di National Youth Training Center (NYTC) PSSI, Sawangan, Depok, ini berlangsung 20-24 Maret 2019. Jadwal ketat pun menanti Bajul Ijo Cilik.

Musim lalu, Persebaya U-16 tidak ambil bagian. Mereka mengawali kiprahnya dengan melakoni laga melawan Kalteng Putra U-16 dan PS Tira-Persikabo U-16, pagi tadi (20/3). Hasilnya, Ilham Akbar Prasetyo dkk menang tiga gol tanpa balas atas Kalteng Putra U-16, dan kalah 0-1 dari Tira-Persikabo.

"Kami tidak patok target hasil hari ini, terpenting adalah pemain memetik pengalaman, mengasah mental dan akan jadi bahan evaluasi untuk menghadapi kompetisi Liga 1 U-16 musim ini," ujar pelatih Persebaya U-16 Ahmad Rosyidin.

Menurutnya, melalui festival ini pemain dapat memetik semangat kompetitif, fair play, dan respek kepada sesama pemain sejak usia muda. Festival Elite Pro Academy ini juga diharapkan bisa menjadi ruang belajar bersama antara klub, pelatih, pemain, ofisial, hingga wasit.

"Ini momen bagus untuk pemain level junior, ofisial, pelatih. Pemain tidak hanya mengasah kemampuannya bertemu tim lain dari klub Liga 1, tapi juga mendapat materi cara bermain. Pelatih dan ofisial bisa menambah pengetahuan mengatur, mengelola tim dalam kondisi jadwal ketat," jelas Ahmad.

Bek kanan Persebaya U-16 Sofyan Dwi (kiri) mencoba menghalangi pesepakbola Kalteng Putra U-16 pada pertandingan tadi pagi (20/3). Hari ini Bajul Ijo Cilik bermain dua kali, selain melawan Kalteng Putra U-16 juga meladeni PS Tira-Persikoba U-16. (Top Skor for Persebaya)

Selain menghadapi Kalteng Putra dan Tira-Persikabo, Persebaya bakal meladeni Persib Bandung U-16 besok pagi (21/3). Sehari kemudian melawan PSS Sleman U-16 dan terakhir kontra Semen Padang U-16 pada (23/3).

Dalam penyelenggaraan Elite Pro Academy ini tidak hanya menyuguhkan pertandingan. Tapi ada juga lokakarya. Dalam festival ini semua pertandingan juga tidak ada perhitungan poinnya. Lalu juga tanpa trofi juara dan penghargaan lain-lain. (*)

 

 

BERITA LAINNYA