Loncatan kegembiraan striker Persebaya U-16 Ragil Satrya Jati setelah mencetak gol ke gawang Borneo FC U-16 di Stadion Jala Krida Mandala AAL, Bumimoro, Surabaya sore tadi (29/9). Persebaya U-16 menang 2-0 atas Borneo FC U-16. (Persebaya)
Liga 1 U-16
Tutup Seri 1 Dengan Kemenangan, Persebaya U-16 Optimistis Tatap Seri 2

Tiga kemenangan dari lima pertandingan diraih Persebaya U-16 pada Seri 1 Liga 1 Elite Pro Academy U-16 2018 Grup C. Persebaya U-16 menutup seri pertama ini dengan kemenangan 2-0 atas Borneo FC U-16 di Stadion Jala Krida Mandala AAL, Bumimoro, Surabaya tadi sore (29/9). Hasil ini membawa Green Force muda bertengger di peringkat kedua klasemen sementara.

Persebaya U-16 mengawali kompetisi dengan kekalahan 0-1 melawan Mitra Kukar. Mereka kemudian bangkit dengan merebut dua kemenangan dari PSM Makassar U-16 dan Perseru Serui U-16. Sayang, Ega Favian Fitrianto dkk tersandung oleh Persipura Jayapura dengan skor 0-1. Namun Persebaya U-16 kembali bangkit usai memenangi laga terakhir Seri 1 dengan dua gol tanpa balas melawan Borneo FC U-16.

“Kami hanya memberi semangat agar mereka tidak menyerah. Kami tidak ingin mereka terpuruk dengan kekalahan kemarin,” beber manajer Persebaya U-16 Yahya Hasan Alkatiri seusai pertandingan. “Selain teknik dan fisik, sebuah tim butuh mental bertanding yang tangguh dan itu ditunjukkan dengan semangat tinggi sepanjang pertandingan,” imbuhnya.

Bukan tanpa alasan Yahya memuji penampilan timnya. Sebab dua gol Persebaya U-16 diciptakan dengan cara apik. Gol pertama menit ke-18 diceploskan Ragil Satrya Jati dengan cara tendangan voli setelah menerima umpan silang Aris Fathur Rozy. Tak cukup memberi assist, Aris Fathur Rozy turut mencatatkan namanya di papan skor pada menit 26 usai gerak tipunya memperdaya Borneo FC U-16.

Yahya takjub dengan semangat tanding tinggi yang diperagakan anak didiknya setelah menderita hasil negatif di laga sebelumnya. Pria yang juga manajer Putra Surabaya, klub internal Persebaya, itu menyebutkan persaingan di level pembinaan cukup ketat. Buktinya, selisih perolehan poin di klasemen Grup C sangat tipis.

“Ini adalah sebuah kemenangan besar karena ini merupakan momen yang sulit. Ada banyak pemain kami yang down dan hari ini saya melihat semangat yang sama seperti yang saya lihat dari para pemain di awal,” tegas Yahya. “Seperti yang pernah saya sampaikan, di pembinaan itu semua tim sangat tangguh. Tidak ada unggulan, semua bisa terjadi,” jelasnya.

Lebih lanjut Yahya optimis timnya dapat berbicara banyak pada seri kedua Liga 1 Elite Pro Academy U-16 2018 Grup C. Sesuai jadwal, seri ini akan digeber 7-13 Oktober mendatang di Makassar. “Dengan progres seperti ini, kami optimis bisa meraih hasil lebih baik di Makassar nanti,” tandasnya.

Persebaya U-16 untuk sementara di posisi kedua klasemen Grup C dengan perolehan 9 poin. Mereka menggusur Borneo FC yang juga mengumpulkan angka 9. Di puncak, ada Mitra Kukar U-16 yang meraih 12 poin. (*)

 

BERITA LAINNYA