Gelandang energik PS Kota Pahlawan (KoPa) Ariel Sharon de Keyzer mencoba melepaskan tendangan ke gawang PSID Jombang di babak 16 besar Liga 3 Kapal Api Jawa Timur 2018. PS KoPa meraih kemenangan tipis 1-0 atas PSID di Stadion Gajayana, Malang, sore tadi (16/8). (Persebaya)
Babak 16 Besar Liga 3 Kapal Api Jawa Timur 2018
PS KoPa Lolos ke Zona Jawa

DUA kemenangan mengantarkan PS Kota Pahlawan (KoPa) kokoh di puncak klasemen sementara Grup K babak 16 besar Liga 3 Kapal Api Jawa Timur 2018. Lukman Hakim dkk berhasil menaklukkan 1-0 PSID Jombang pada laga di Stadion Gajayana, Malang, sore tadi (16/8).

Dengan koleksi dua kemenangan, PS KoPa sudah memastikan lolos ke zona Jawa. Musim ini Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jatim mendapat jatah 11 tim untuk tampil di zona Jawa. Mereka yang berhak mewakili Jatim yakni juara dan runner up grup babak 16 besar ditambah tiga tim peringkat tiga terbaik babak 16 besar.

Saat ini, PS KoPa bertengger di puncak Grup K dengan enam poin. Mereka unggul tiga angka dari PSID Jombang di peringkat dua. PS KoPa juga cukup tajam dengan mencetak empat gol dan belum kebobolan.

“Bagi kami yang penting bisa lolos ke zona Jawa, entah sebagai juara grup, runner up grup atau salah satu peringkat tiga terbaik,” urai asisten manajer PS KoPa Agus Sanjaya. “Para pemain sudah memberikan hasil yang terbaik, mereka layak menang hari ini,” tuturnya.

Hal senada disampaikan Ahmad Rosyidin, arsitek PS KoPa, yang menganggap juara grup adalah bonus. Baginya, para pemain diminta untuk fokus memenuhi target lolos ke zona Jawa. “Alhamdulillah, target kami lolos ke zona Jawa terpenuhi. Manajemen tidak muluk-muluk minta merebut juara Grup K. Kami realistis,” beber mantan asisten pelatih Persebaya ini.

Tim satelit bentukan manajemen Persebaya ini memastikan lolos ke zona Jawa setelah memetik kemenangan kedua saat melawan PSID. Dedik Nurdiansyah dan kolega meraih tiga poin lewat gol tunggal dari kaki Hendra Tristiandy Hermawan di menit ke-45. Hendra yang tak terkawal berhasil menyelesaikan umpan dari Ariel Sharon de Keyzer.

Padahal skuad PS KoPa sempat kesulitan mengembangkan permainan hingga 20 menit laga berjalan di babak pertama. Mereka kerap digempur oleh pasukan PSID. Bahkan beberapa pemain PS KoPa harus jatuh bangun untuk menghalau skuad asuhan Heru Sunarko. Beruntung, PSID tak mampu menyamakan kedudukan hingga laga bubar.

Ahmad mengaku cukup puas dengan hasil ini. Menurutnya, kesabaran anak asuhnya dalam meladeni permainan PSID cukup berhasil. Apalagi PSID bermain cukup bagus pada sore hari ini. “Saya sangat bersyukur, anak-anak bisa memaksimalkan kesempatan yang ada. Lawan juga bermain bagus hari ini, tapi Alhamdulillah compact defense kami bisa mengatasi serangan PSID,” jelas pelatih berlisensi C AFC tersebut.

Ahmad mengatakan jeda waktu sehari besok (17/8) akan dimanfaatkan untuk istirahat pemain. Mereka akan melakoni recovery di kolam renang agar kembali fit. “Ini sangatlah penting untuk membuat anak-anak tetap dalam performa puncaknya. Dengan demikian, penampilannya di lapangan tetap terjaga,” pungkasnya. (*)

BERITA LAINNYA