Pekan Ketiga Kompetisi Kapal Api Persebaya 2018
IM dan Pusura Catatkan Ball Possession Terbaik

TIM utama Persebaya adalah puncak piramid dari struktur organisasi klub kebanggaan warga Surabaya. Di bawahnya ada PS Kota Pahlawan (KoPa), tim satelit yang bermain di Liga 3 zona Jatim. Lalu ada Persebaya U-19 yang diproyeksikan tampil pada Liga 1 U-19 musim 2018, Persebaya U-17, dan Persebaya U-15. 

Untuk menyuplai kebutuhan pemain pada semua level itu, dibutuhkan ’pabrik’ yang sanggup memproduksi talenta-talenta berbakat. Kompetisi Kapal Api Persebaya (kompetisi internal) menjawab kebutuhan itu. Sejarah telah mencatatkan, ribuan pemain, baik untuk Persebaya maupun Timnas Indonesia, lahir dari tempaan kompetisi yang telah berumur puluhan tahun ini.

Seiring dengan spirit manajemen Persebaya yang concern membangun struktur organisasi serta jenjang pembinaan, ke-20 klub internal diharapkan juga sevisi dengan ini. Salah satu caranya adalah dengan menyelaraskan filosofi bermain seperti tim utama Persebaya.

Di bawah nakhoda Angel Alfredo Vera, Persebaya tak hanya bermain penuh nyali, khas karakter arek-arek Suroboyo. Namun juga berani memainkan ball possession, serta ditopang oleh kemampuan para pemainnya melepas operan akurat (pass accuracy) . 

Penguasaan bola atau ball possession menjadi faktor penting dalam mendikte permainan lawan. Hal itu menunjukkan pula kualitas yang apik terkait kerja sama tim.  Di antara semua perempat finalis Piala Presiden 2018 lalu, rataan penguasaan bola Persebaya mencapai angka 59,3% (terbaik kedua),  terpaut tipis dibandingkan Bali United (59,6%). 

Sementara rataan akurasi passing pemain Persebaya di fase grup mencapai 82,3 persen. Angka itu merupakan yang tertinggi di antara seluruh perempat finalis Piala Presiden 2018.

Pada pekan ketiga Kompetisi Kapal Api Persebaya 2018, hasil pencatatan statistik oleh Sukarelawan Olahraga Indonesia(SOI) menunjukkan fakta menarik. Klub-klub internal dengan orientasi lebih berani menerapkan ball possession, pada akhirnya menuai hasil positif (kemenangan).

Pada persaingan Seri A atau kasta tertinggi Kompetisi Kapal Api Persebaya 2018, Indonesia Muda adalah tim yang mencatatkan ball possession tertinggi pekan ke-3, yakni 74%. Tim polesan ini Seger Sutrisno ini juga mencatatkan pass accuracy terbaik sebesar 83%. Catatan statistik itu mereka torehkan saat menggilas PSAL tiga gol tanpa balas (3-0), 15 Maret lalu.

Sementara dari persaingan Seri B, Putra Surabaya (Pusura) menjadi tim dengan ball possession tertinggi pada pekan ke-3 lalu. Tim asuhan Jamrawi ini mengemas penguasaan bola sebesar 74%, saat membungkus kemenangan 2-0 atas Fatahillah 354, pada 16 Maret lalu. Sedangkan tim Seri B dengan pass accuracy terbaik dicatatkan Putra Mars (82%), saat menang 2-1 atas TEO pada laga 11 Maret lalu. (iks)

 

 

 

 

 

Artikel ini telah dimuat di halaman khusus Persebaya harian Surya edisi 3 April 2018 dan SURYA.co.id dengan judul IM dan Pusura Catatkan Ball Possession Terbaik

BERITA LAINNYA