Head coach PS KoPa Ahmad Rosyidin (tengah) memberikan intruksi pada sesi latihan di Lapangan Persebaya, Karanggayam. Mereka akan melakoni laga perdana Liga 3 Kapal Api Jawa Timur 2018 melawan Persegres Putra, Minggu (1/4) sore. (Persebaya)
PS KoPa Maksimalkan Pemain U-23

PEMBINAAN pemain-pemain muda produk kompetisi internal digenjot manajemen Persebaya Surabaya melalui tim satelit, PS Kota Pahlawan (KoPa). Total 25 pemain diturunkan PS KoPa pada Liga 3 Kapal Api Jawa Timur 2018 yang bergulir 1 April nanti. Menariknya, PS KoPa tidak memanfaatkan kuota pemain diatas 23 tahun.

Sesuai regulasi dari Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Jawa Timur, setiap tim memiliki maksimal 30 pemain dengan 27 pemain harus berusia di bawah 23 tahun, dan sisanya boleh diisi dengan pemain senior di atas 23 tahun.

“Saat ini kami fokus pada pemain di bawah U-23 tahun. Merujuk regulasi Asprov Jawa Timur, hanya tiga pemain senior saja boleh memperkuat tim Liga 3. Namun, kami memanfaatkannya dengan mencoba pemain muda. Mudah-mudahan sesuai dengan hasil latihan dan persiapan selama ini,” ujar Ahmad Rosyidin, pelatih PS KoPa.

Menurutnya, munculnya pemain muda yang diberi kesempatan untuk unjuk gigi, itu artinya akan membawa dampak positif bagi Persebaya dan sepak bola tanah air. “Ini kan menjadi pondasi untuk mematangkan pemain yang muaranya ke Persebaya dan persepakbolaan Indonesia. Jadi kami maksimalkan potensi pembinaan Persebaya,” beber Ahmad.

Dari 25 nama yang didaftarkan PS KoPa, beberapa diantaranya bahkan berproses langsung dengan skuad Bajol Ijo. Diantaranya Stevano Alexander Pietersz, kiper muda anak dari legenda Persebaya Ronald Pietersz ini malah berstatus magang di tim utama.

Giovanni Dwi Hariyanto dan Ariel Sharon de Keyser juga sempat berlatih di tim utama. Mereka merasakan langsung polesan dari Angel Alfredo Vera, pelatih Persebaya. Karena itu, Ahmad berharap pemain-pemainnya bisa mengeluarkan potensi maksimalnya. “Pengalaman mereka di tim utama bisa ditularkan ke rekan-rekannya. Jadi semua bisa termotivasi untuk melangkah lebih jauh,” tandas mantan asisten pelatih Persebaya ini. (*)

Daftar pemain PS Kota Pahlawan

Penjaga Gawang
1- Stevano Alexander Pietersz/Semut Hitam
20- Ach. Asy’ari Ubay Dillah/Bintang Timur
30- Alir Ridho/Farfaza FC

Pemain Belakang
3- Giovanni Dwi Hariyanto/HBS
4- Fanny Khoirony/Indonesia Muda
25- Achmad Mufid Abdillah/Al Rayyan
23- Herwanto/Al Rayyan
2- Aldi Rusdianto/Pelabuhan III
21- Mukhammad Wahyu Setiawan/TEO

Pemain Tengah
11- Ariel Sharon de Keyser/Indonesia Muda
10- Lukman Hakim/Indonesia Muda
22- Bobby Ambarsari/El Faza
12- Ryan Rizaldi Kohonussa/Anak Bangsa
14- M. Nur Rokhim/Putra Surabaya
6- Dedik Nurdiansyah/Putra Surabaya
8- Adinda Risky Santoso/El Faza
9- Hendra Tristiady Hermawan/Al Rayyan
16- Hoiril Anwar Rahman/TEO
18- Ahmad Afif/Indonesia Muda
17- Muhamad Firman Illahi/Al Rayyan
13- Riski Kurniawan/Indonesia Muda
5- Adi Setiawan/Pelabuhan III

Pemain Depan
7- Umar Ali/Anak Bangsa
15- Moh. Rino Triadiansyah/Putra Mars
24- Achmad Sayidi/El Faza

Tim Pelatih
Head Coach: Ahmad Rosyidin
Asisten Pelatih: Mat Halil, Yanto Imam
Pelatih Fisik: Fitroh Yulangga
Pelatih Kiper: Murwanto

BERITA LAINNYA