Alfonsius Kelvan berlatih bersama pelatih kiper M. Hadi. Alfonsius menjadi satu-satunya penjaga gawang yang dimiliki Persebaya, karena 2 kiper lainnya masih cedera.
Agar Program Latihan Bisa Maksimal
Alfredo Incar Kiper Muda Kompetisi Internal Persebaya

CEDERANYA dua kiper Persebaya Surabaya, Dimas Galih dan Miswar Saputra, mulai menarik perhatian sang pelatih, Angel Alfredo Vera. Sebab, bagi pelatih asal Argentina itu, dengan tersisanya dua kiper, Alfonsius Kelvan dan Stevano Alexander Pieters, mengakibatkan Green Force -- julukan Persebaya-- tidak begitu efektif untuk menjalankan program latihan.

Memang, dalam latihan yang berlangsung di Stadion Gelora Bung Tomo, Surabaya, pagi tadi (10/3), Alfonsius dan Stevano terlihat bekerja lebih keras menghalau tembakan para pemain saat Alfredo mengasah finishing touch tim besutannya. "Saat ini hanya tersisa dua kiper. Dan, itu tidak efektif bagi tim, terutama bagi mereka yang bertugas sebagai penjaga gawang," kata Alfredo setelah latihan.

Pelatih yang sukses membawa Persebaya juara Liga 2 itu pun berencana mencari kiper muda lain dari klub peserta kompetisi internal Persebaya. Bagi dia, dengan adanya kiper tambahan, itu bisa membantu skuad Persebaya saat latihan. "Saya butuh satu atau dua kiper muda. Kalau ada yang bagus, kami akan berikan kesempatan kepada mereka untuk menjalani latihan bersama Persebaya," tegas dia.

 

Alfredo Vera memimpin latihan Persebaya di Gelora Bung Tomo, pagi ini

 

Senada dengan Alfredo, M. Hadi, pelatih kiper Persebaya juga mengungkapkan hal serupa. Dia bahkan berencana membuka komunikasi dengan beberapa pengurus klub internal Persebaya untuk mendapatkan kiper muda dengan kualitas di atas rata-rata. Hadi optimistis tidak sulit mencari kiper sesuai dengan yang dibutuhkan oleh Alfredo. Karena semua klub pasti suport dengan mendelegasikan kiper terbaik mereka.

"Meski hanya berstatus latihan, tapi bisa memberikan pengalaman bagus bagi kiper kiper muda yang akan berlatih bersama kami. Toh, secara otomatis, mereka juga akan mendapat banyak pengalaman dan ilmu baru selama ikut latihan di Persebaya nanti," kata Hadi. "Kesempatan ini seharusnya bisa dimanfaatkan oleh klub internal untuk mengirimkan kiper terbaik mereka," lanjutnya.

Seperti diketahui, dua kiper Green Force, Dimas dan Miswar mengalami cedera saat tampil di turnamen pramusim Piala Gubernur Kaltim. Miswar cedera bahu kanan saat menjalani pemanasan sebelum pertandingan melawan Persiba Balikpapan (26/2) lalu di Stadion Batakan, Balikpapan. Sementara Dimas mengalami cedera kepala ringan saat Persebaya melawan Arema di babak semifinal.

Adhimas Hapto Prakoso, dokter tim Persebaya menambahkan, Dimas dan Miswar masih dalam tahap pemulihan dari cedera. Keduanya dipastikan bakal absen sampai dengan April mendatang. "Karena Dimas harus istirahat total selama satu bulan. Sementara Miswar sekitar tiga pekan. Tapi, mereka berdua sudah menunjukan tanda tanda membaik," ujar Adhimas. (*)

BERITA LAINNYA